Bisnis dibidang online sudah sangat banyak bentuknya saat ini. Bukan hanya menawarkan satu produk dan brand saja, namun kini banyak orang yang menawarkan variasi yang berbeda dalam satu perusahaan saja. Dengan semakin berkembangnya fenomena bisnis online, maka peranan website pun menjadi viral karena bisa memaksimalkan bisnis online itu sendiri.
Desain website online shop merupakan semacam ‘pintu gerbang’ bagi para calon pembeli yang sedang ingin melihat–lihat atau mencari suatu produk di online shop anda. Dengan disambut oleh penyajian website yang menarik, akan membuat calon pembeli semakin bersemangat untuk membeli produk atau berlama – lama berada di website online shop anda. Sebaliknya, jika desain website nya sudah kurang menarik, dapat mengurangi ketertarikan bahkan membuat orang mengurungkan niatnya untuk berbelanja.
Lantas, bagaimana sebenarnya desain website untuk bisnis online yang baik itu? berikut kami informasikan contohnya dalam artikel dibawah ini.
Tampilkan Logo yang Jelas
Sangat penting untuk menampilkan logo toko online anda pada halaman homepage. Ketika orang ingin berbelanja, dengan melihat sebuah logo yang sudah dikenali dan terpercaya, mereka akan semakin yakin untuk berbelanja pada toko online tersebut. Pada homepage website anda, dapat juga ditampilkan maskot, foto, atau video yang menjelaskan identitas dari toko online milik anda.
Tampilkan Berita dan Produk Populer
Jika toko online anda memiliki produk baru yang menjadi ‘hot list’, tampilkanlah di halaman awal website anda! Dengan demikian, pelanggan tidak perlu repot–repot menghabiskan waktu untuk menjelajahi website anda untuk menemukan produk yang diinginkan. Dengan memajang produk populer, anda juga bisa menarik pelanggan yang awalnya tidak berniat membeli produk tersebut untuk menjadi tertarik.
Tampilkan Penawaran yang Menggirukan User
Banyak orang yang mudah terpikat hanya dalam hitungan detik pada tampilan website online anda. Maka dari itu, sebisa mungkin tampilkan penawaran yang menarik pada laman awal website anda. Penawaran tersebut bisa berupa gratis ongkos kirim, diskon besar–besaran, ataupun promo menarik lainnya. Jika calon pembeli sudah terpikat dengan penawaran yang anda berikan, akan lebih mudah untuk membuat mereka tidak berpaling.
Sediakan Fitur Live Chat
Jika pembeli yang sedang ‘berselancar’ di toko online anda memiliki pertanyaan atau keluhan, maka fitur ini menjadi solusi tercepat untuk bisa membantu. Tetapi jangan lupa, harus tersedia juga orang yang siap membalas setiap pesan yang mungkin masuk kapan saja. Dengan 24/7 hotline dan live chatting, dapat dilihat sebagai layanan tambahan yang disediakan oleh pemilik toko untuk melayani kebutuhan para pelanggannya.
Tampilkan shopping cart, login box, dan search box
Ketiga fitur ini sangatlah penting bagi sebuah website toko online. Dilansir situs jasa web profile, shopping cart atau keranjang belanja, berfungsi untuk ‘meletakkan’ semua barang yang sudah anda pilih, dan dapat diperiksa kembali sebelum menyelesaikan pembayaran. Login box memungkinkan setiap pembeli untuk memiliki akun pribadi dan masuk ke akun tersebut. Search box juga tak kalah penting. Tidak sedikit orang yang langsung ingin mencari produk yang mereka inginkan tanpa menjelajahi setiap kategori yang ada.
0 komentar:
Posting Komentar