Desainer grafis tidak boleh hanya mendesain sembari mengurung diri di dalam kamar. Interaksi haruslah dibangun dan dilakukan bukan hanya karena desainer juga makhluk sosial namun ini demi perkembangan karir Anda sendiri, minimal di media sosial.
Media sosial, meskipun bukan berwujud zat padat, memiliki dampak positif yang nyata. Mungkin beberapa di antara Anda adalah orang yang cenderung nyaman bekerja sendiri, atau bersama tim, tetapi media sosial tentu memiliki kelebihan dan keunikannya sendiri terlebih kini sosial media sudah banyak variasi dan bentuknya.
Kini, kita akan membahas beberapa keuntungan terlibat di sosial media untuk para desainer grafis. Apa saja keuntungannya? simak informasinya dibawah ini.
1. Menjadi Pusat Perhatian dan Mudah Mendapat Kepercayaan
Saat Anda mampu dan bersedia berbagi, mengapresiasi, dan menginisiasi beragam hal tentang desain dan industrinya, akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda genggam. Contoh yang paling klise ialah Anda bisa membeli loyalitas rekan profesional, pembaca, dan pengguna lainnya yang memantau Anda secara langsung maupun tidak di media sosial.
Ketika Anda sampai di titik itu, tandanya Anda sudah berhasil mencuri perhatian dan memperoleh kepercayaan mereka. Setiap tindak tutur Anda nantinya pun akan mulai dilirik oleh mereka. Nantinya, bukan tidak mungkin inisiatif Anda di bidang bisnis maupun sosial bisa membuat banyak orang berduyun-duyun mendatangi dan menemani Anda.
2. Melancarkan Penjualan
Dilansir situs jasa desain logo, media sosial bisa menjadi tenaga penjual dan toko Anda yang selalu siap sedia 24 jam sehari selama bertahun-tahun. Intinya, berjualan di media sosial itu sangat menguntungkan karena toko Anda 'tidak pernah tutup'.
Dengannya, Anda pun seakan-akan tidak pernah libur bekerja, bahkan saat Anda tertidur sekalipun. Sifat dari media sosial itu sendiri yang global dan bisa diakses dari belahan dunia mana saja setiap waktu akan membuka peluang Anda mendulang Rupiah dalam waktu semalam, meskipun Anda sedang asyik dibuai di alam mimpi.
3. Menjual Konten
Apa yang sudah Anda unggah selama ini di akun-akun media sosial Anda disebut sebagai konten. Nah, saat Anda sudah memulai untuk menghasilkan konten yang berkualitas, lakukanlah terus menerus dan tingkatkan. Apabila Anda meyakini belum sampai pada tingkatan seperti itu, belum terlambat untuk beralih haluan menuju jalan kesuksesan. Konten terbaik yang Anda jual di media sosial cepat atau lambat, pasti akan dikenali oleh mesin pencari, seperti Google, juga pemantau bakat dan konsumen.
4. Memperkuat Relasi
Sebuah teori sederhana yang marak dipakai para penggiat media sosial adalah Know, Like, and Trust (Mengetahui, Menyukai, dan Memercayai). Hal ini seperti menyimpulkan kiprah Anda di media sosial, mulai dari saat publik mulai mengenal Anda, kemudian menyukai dan mulai memberikan kepercayaan. Nantinya, hal di atas akan berkembang menjadi Anda akan sering dipromosikan pada orang lain, menjadi konsumen setia Anda, bahkan berani mendorong Anda untuk berbuat sesuatu yang lebih dari apa yang sudah Anda capai selama ini.
Memang, untuk bisa mendapatkan pengalaman tak tergantikan seperti itu, Anda harus terus sabar sambil bekerja keras selalu. Apabila Anda menikmati setiap langkah dalam perjalanan tersebut, tentu hasil sementara dan akhirnya nanti akan sangat memuaskan Anda.
0 komentar:
Posting Komentar