Terlalu banyak platform media sosial dewasa ini membuat kita mempertanyakan keefektifannya. Apakah media sosial ini hanya untuk eksistensi saja, atau terdapat manfaat khusus di dalamnya? Tentu saja bermanfaat, terlebih bagi Anda yang berperan sebagai seorang desain grafis.
Seperti yang kita ketahui, segala informasi sudah tersedia dalam media sosial dan bagi desainer, media sosial memiliki arti lebih. Berdasarkan pengamatan situs jasa pembuatan company profile, ada empat media sosial yang sangat bermanfaat bagi desainer, apapun konsentrasinya.
Berikut media sosial yang bisa membentuk bisnis Anda lebih baik dan mendekatkan pada klien dengan usaha yang minim dan keuntungan yang berlipat:
1. Pinterest
Platform ini, entah Anda sadari atau tidak, sering memberikan sumbangan inspirasi pada desainer dan pekerja kreatif lainnya. Setiap pin dalam Pinterest yang Anda lihat bisa menuntun Anda pada kreasi yang baru dan belum pernah Anda lakukan sebelumnya karena saking penuh inspirasinya media sosial ini.
Meskipun 70% pengguna akun ini adalah perempuan, bukan berarti laki-laki tidak bisa memaksimalkan fungsi Pinterest. Ada 70 juta pengguna aktif di dalamnya yang rajin berpartisipasi dalam membagikan informasi tentang produk, artwork, bahkan tempat terbaru yang wajib dikunjungi. Jadi, Anda tidak perlu takut miskin ide saat bergabung di Pinterest.
2. Facebook
Dikenal sebagai media sosial yang sangat memanjakan pelaku bisnis untuk bersinggungan langsung dengan pelanggannya, Facebook benar-benar layak untuk dimanfaatkan. Perseorangan, bisnis kecil, hingga perusahaan besar tercatat sebagai pengguna Facebook aktif. Aktivitas mereka di sana pun bermacam-macam: bisa mempromosikan produk atau jasa terbarunya, meningkatkan brand awareness lewat Facebook Page, atau merekrut pegawai baru. Dengan milyaran orang yang terhubung di dalamnya, peluang Anda untuk menemukan klien atau tempat bekerja baru tentu sangat luas.
3. Twitter
Popularitas dan dominasi Twitter di dunia maya tidak mungkin bisa kita kesampingkan. Twitter seakan menjadi kanal terbaik kita semua untuk berkomunikasi lebih dekat dan cepat, belajar hal baru, sekaligus mengais rezeki. Apalagi di zaman ini, semua orang seakan terkoneksi dalam media sosial berlambang burung biru, mulai desainer, akademisi, sampai presiden, peluang Anda untuk lebih dikenal oleh orang lain di bermacam penjuru dunia akan terbuka lebar. Khusus untuk desainer, Anda bisa memanfaatkan Twitter sebagai media menyebarluaskan portofilio dan berinteraksi dengan desainer lainnya.
4. Dribbble
Jika bertanya di mana desainer biasa nongkrong di dunia maya? Mungkin banyak orang akan menjawab pertanyaan di atas dengan Dribbble. Mulai dari desainer web, desainer grafis, ilustrator, tipografer dan beragam pekerja kreatif dan seni lainnya suka sekali menunjukkan proyek yang akan mereka tangani, bagaimana proses pengerjaannya, dan, tak lupa, hasil akhirnya juga. Inilah salah satu website yang mampu menarik jutaan desainer untuk saling bertukar inspirasi beserta kesempatan kerja dan tantangan baru.
Disamping 4 media sosial diatas, masih banyak media sosial lainnya yang bisa memaksimalkan bisnis desain grafis Anda mulai dari LinkedIn, Instagram hingga yang terbaru Snapchat. Tentu saja dengan penggunaan yang tepat, media sosial diatas bisa memberikan dampak yang baik untuk bisnis bahkan desain grafis Anda.
0 komentar:
Posting Komentar