Secara garis besar logo adalah gambar atau bentuk sketsa yang mempunyai arti filosofi tertentu, untuk merepresentasikan sebuah perusahaan, organisasi, Startup/UKM ataupun individu. Dengan kata lain logo mewakili filosofi, ciri khas dan keunikan dari sebuah perusahaan dan lainnya.
Dilansir situs jasa desain company profile, logo merupakan identitas, maka sudah sewajarnya didesain mencirikan brand kita karena logo merupakan pembeda yang sudah jelas menginpretasikan brand dengan yang lainnya. Berbicara tentang logo, berikut ini akan kami jelaskan tentang tipe logo yang pastinya sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
1. Logo Wordmark / Logotype
Jenis logo ini merupakan sebuah logo yang menggunakan teks langsung dalam logonya sebagai tanda pengenal yang diungkapkan untuk mengkomunikasi makna dari sebuah perusahaan, teks dalam logo bisa berupa singkatan atau nama perusahaan / brand yang diusung secara langsung. Beberapa perusahaan yang menggunakan jenis logo ini adalah Disney, FedEx, Canon dan Facebook.
2. Logo Pictorial
Logo Pictorial dikenal juga dengan Logomark, Pada dasarnya jenis logo ini menggunakan gambar/simbol tanpa ada peggunaan teks, namun dalam beberapa kasus teks juga digunakan namun hanya sebagai penguat, penjelas atau pendukung dari logo utamanya.
Dibutuhkan kreatifitas dan profesionalitas yang tinggi untuk membuatnya dimana logo tidak hanya menjadi sebuah gambar namun mempunyai makna dan filosofi yang erat dengan perusaan / brand yang diusung.
3. Logo Emblem
Logo ini pada dasarnya memiliki sebuah elemen/objek yang berisi sebuah simbol atau teks di dalammnya (seperti emblem), logo ini biasa digunakan oleh organisasi atau klub, namun tak jarang juga ada perusahaan yang memakai jenis logo ini. Beberapa perushaaan yang setia hingga sekarang dengan logo ini sebut saja Starbuck, Manchester United hingga Paramont Picture.
4. Logo Character
Logo Character merupakan sebuah logo yang memakai karakter mahluk hidup (bisa hewan atau tokoh) atau karakter lain sebagai elemen utama logonya, dan di tambah dengan teks atau inisial sebagai unsur pendukungnya. Logo ini termasuk yang paling banyak digunakan oleh perusahaan karena terbilang unik dan menarik, karena mengedepankan karakter yang umumnya menjadi maskot dari brand tersebut.
5. Logo Abstract Mark
Berbeda dengan logo pictorial, jika logo pictorial menggunakan gambar/simbol maka logo ini menggunakan shape(bentuk) abstrak sebagai logo utama dan menggunakan teks sebagai pendukung. Namun tidak sembarang bentuk, bentuk abstrak yang dipakai dalam jenis logo ini memiliki makna ataau arti filosofis tersendiri.
Pertamina adalah salah satu perusahaan yang menggunakan jenis logo ini, dan banyak lagi perusahaan / produk yang menggunakan jenis logo ini, perhatikan contoh gambar dibawah :
0 komentar:
Posting Komentar