Apakah Anda adalah seorang desainer Grafis pemula dan Anda
juga tidak mengerti tentang makna dari warna dalam dunia desain grafis?. Maka
Anda wajib pantengin artikel ini dan mulai belajar memaknai warna dalam dunia
desain grafis, karena selain untuk menambah pengetahuan tentu saja ini penting
sekali untuk meningkatkan produktivitasmu.
Lalu kenapa Anda harus tau tentang makna dari warna?. karena
warna memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia desain grafis, untuk
itulah para penyedia jasa desain logo, jasa desain company profile dan jasapembuatan company profile sangat berhati-hati dalam bermain warna dalam desain,
karena itu akan mempengaruhi desain yang nantinya akan di hasilkan.
Selain itu warna tersebut dapat berbicara melalui gambar
ataupun karya desain kita. Bila salah dalam memadukan warna, maka karya desain
kita akan kehilangan esensi, maksud dan tujuan mengapa desain itu dibuat.
Misalnya saja kita ingin membuat desain yang target nya
adalah anak-anak umur 10 tahun ke bawah yang notabene identik dengan dunia yang
cerah dan bahagia, maka perpaduan warna yang tepat adalah warna-warna cerah.
Bila kita menggunakan warna-warna gelap, maka desain kita terlihat mati dan
kehilangan esensi seperti saya katakan di atas.
Berikut adalah makna dari masing-masing warna yang dapat
membantu kamu dalam menentukan arah sebuah karya desain :
1. Makna Warna Putih
Warna putih sering dihubungkan dengan terang, kebaikan,
kemurnian, kesucian, dan keperawanan. Warna ini disarankan sebagai warna
‘kesempurnaan’.
Makna warna putih adalah aman, murni, dan bersih. Sebagai
lawan dari warna hitam, putih biasanya mempunyai makna konotasi yang posotif.
Warna putih dapat melambangkan keberhasilan. Dalam ilmu kelambangan, putih
melambangkan kepercayaan dan kemurnian.
Dalam dunia periklanan, puith sering dihubungkan dengan
kesejukan dan kebersihan sebab putih merupakan warna salju. Kita dapat menggunakan
putih untuk melambangkan sifat simple dalam sebuah produk yang canggih. Warna
putih sangat cocok dengan organisasi kemanusiaan. Malaikan juga biasanya
diimajinasikan memakai pakaian bewarna putih.
Warna putih juga dihubungkan dengan rumah sakit, dokter, dan
steril. Jadi kita dapat menggunakan warna putih untuk melambangkan keamanan
ketika mempromosikan produk-produk medis. Warna putih sering juga dihubungkan
dengan beban yang ringan, makanan rendah lemak, dan makanan berbahan susu.
2. Makna Warna Hitam
Warna hitam melambangkan kekuatan, elegan, formalitas/acara
resmi, kejahatan, dan misteri. Hitam adalah warna misterius yang dihubungkan
dengan ketakutan dan ketidaktahuan. Hitam biasanya punya makna konotasi
negatif. Tapi warna hitam merupakan kekuatan dan kekuasaan; warna ini sering
dipakai untuk menyampaikan kesan formal, elegan, dan bergensi (sepatu kulit
hitam, dasi hitam, Mercedes hitam, kacamata hitam). Dalam ilmu kelambangan,
warna hitam melambangkan dukacita.
Gaun ataupun jas hitam dapat membuat seseorang terlihat
lebih ramping. Ketika kita mendesain sebuah gallery karya fotografi, kita dapat
menggunakan hitam ataupun abu-abu sebagai warna latar untuk membuat warna
lainnya (dari foto) terlihat jelas. Warna hitam sangat cocok dengan warna-warna
cerah.
3. Makna Warna Biru
Biru adalah warna langit dan lautan. Warna ini sering
dihubungkan dengan kedalaman dan stabilitas. Biru melambangkan kepercayaan,
kesetiaan, kebijaksanaan, kepercayaan diri, kecerdasan, kepercayaan, kebenaran,
dan surga.
Warna biru dirasa bisa bermanfaat untuk pikiran dan tubuh
manusia. Warna ini dapat memperlambat metabolisme manusia dan menghasilkan efek
ketenangan. Biru sering dihubungkan dengan kedamaian dan ketenangan. Dalam ilmu
kelambangan, warna biru digunakan untuk melambangkan kesalehan dan ketulusan
hati.
Kita dapat menggunakan warna biru untuk mempromosikan produk
dan jasa yang berhubungan dengan kebersihan (penyaringan air, pembersih
cairan), udara dan langit (penerbangan, bandara, AC), air dan lautan (pelayaran,
air mineral). Kebalikan dari ‘kehangatan’ yang ada pada warna merah, kuning,
dan jingga; warna biru ini sering dihubungkan dengan kesadaran dan kepandaian.
Gunakan warna biru untuk melambangkan ketelitian/kecermatan ketika
mempromosikan produk-produk canggih.
Warna biru sering dipakai oleh logo sosmed, lebih ke arah
persahabatan dan ketenangan.
4. Makna Warna Hijau
Hijau adalah warna alam. Warna ini melambangkan pertumbuhan,
harmoni, kesegaran, dan kesuburan. Hijau secara emosional dapat berarti keamanan.
Warna hijau tua sering dihubungkan dengan uang.
Dalam ilmu kelambangan, hijau melambangkan pertumbuhan dan
harapan. Hijau adalah lawan dari warna merah dalam rambu lalu lintas. Gunakan
hijau untuk mengindikasikan keamanan ketika mempromosikan obat-obatan dan
produk medis lainnya. Hijau dihubungkan dengan alam, jadi kita dapat
menggunakannya untuk mempromosikan produk-produk ‘hijau’.
Warna-warna yang berhubungan dengan warna hijau :
- Hijau tua sering dihubungkan dengan uang, - finansial,
bank, ambisi, ketamakan, dan kecemburuan.
- Hijau kekuningan melambangkan penyakit, kecut hati,
perselisihan, dan kecemburuan.
- Hijau Olive melambangkan kedamaian
- Hijau Aqua melambangkan emosi penyembuhan, dan
perlindungan
5. Makna Warna Ungu
Warna ungu menggabungkan stabilitas dari warna biru dan
energi dari warna merah. Ungu dihubungkan dengan keturunan raja. Warna ini
melambangkan kekuatan, bangsawan, kemewahan, dan ambisi. Warna dapat berarti
kekayaan dan keroyalan. Warna ungu juga dihubungkan dengan kebijaksanaan,
martabat, kemerdekaan, kreatifitas, misteri, dan sihir.
Berdasarkan survey, hampir 75 persen anak-anak remaja muda
lebih memilih warna ungu ketimbang warna lainnya. Warna ungu juga sangat jarang
ditemui di dalam alam. Sehingga ungu juga melambangkan ‘buatan manusia’ bukan
‘buatan alam'.
Warna-warna yang berhubungan dengan warna hijau :
- Ungu muda melambangkan rasa romantis, dan nostalgia. Ungu
muda adalah pilihan yang bagus untuk desain yang feminim. Kita juga dapat
menggunakan warna ini untuk mempromosikan produk-produk remaja muda dan
anak-anak.
- Ungu tua melambangkan kesuraman dan kesedihan. Warna ini
dapat menimbulkan perasaan frustasi.
6. Makna Warna Oranye / Jingga
kreatifitas, kebulatan tekad, perhatian, sukses, dorongan,
dan perangsang.
Dalam pandangan manusia, warna jingga adalah warna yang
bersemangat, sehingga warna ini memberikan efek sensasi yang ‘hangat’. Namun,
jingga tidak seagresif warna merah. Warna jingga meningkatkan suplai oxigen
dalam otak, dan memproduksi efek kesegaran, dan menstimulasi aktifitas mental.
Warna ini sangat cocok dengan kaum muda. Karena jingga adalah warna jeruk, maka
warna ini sering dihubungkan dengan makanan sehat dan nafsu makan. Warna jingga
juga merupakan warna musim gugur dan musim panen. Dalam ilmu kelambangan, warna
jingga merupakan simbol kekuatan dan daya tahan.
Warna jingga juga sangat mudah menarik perhatian, sehingga
kita dapat menggunakannya untuk menarik perhatian dari elemen-elemen penting
dalam desain kita. Warna jingga sangat efektif dalam mempromosikan produk
makanan dan mainan.
Warna-warna yang berhubungan dengan warna jingga :
-Jingga tua dapat berarti ketidak-percayaan dan kebohongan.
-Jingga kemerahan melambangkan hasrat, seksualitas,
kenyamanan, dominasi, dan penyerangan.
-Emas melambangkan rasa wibawa dan martabat. Warna emas juga
berarti penerangan, kerajaan, dan kekayaan. Warna Emas sering disimbolkan
dengan ‘kualitas tinggi’.
7. Makna Warna Kuning
Kuning adalah warna dari matahari terbit. Sering dihubungkan
dengan keceriaan, kebahagiaan, orang pandai, dan energi.
Kuning menghasilkan efek hangat, membangkitkan kegembiraan,
merangsang aktifitas mental, dan membangkitkan energi. Kuning juga sering
dihubungkan dengan makanan. Warna kuning yang cerah juga merupakan warna ‘penyerap
perhatian’, itulah sebabnya warna kuning banyak dipakai sebagai warna angkutan
umum dan taksi. Tetapi bila terlalu banyak menggunakan warna kuning dapat
menimbulkan efek ‘mengganggu’. Menurut pengalaman dan ‘curhat’ orang-orang,
seorang anak bayi akan menangis bila diletakkan di dalam ruangan yang
keseluruhannya bewarna kuning. Kuning juga sering dihubungkan dengan nada
peringatan. Dalam ilmu kelambangan, kuning diindikasikan dengan kehormatan dan
kesetiaan. Di sebagian kasus, kuning juga sering dihubungkan dengan perasaan
kecut hati/pengecut.
Gunakan warna kuning untuk menimbulkan rasa senang, dan
bahagia. Kita dapat memilih warna kuning untuk mempromosikan produk anak-anak.
Selain merah, warna kuning ini juga sangat efektif untuk menarik perhatian, jadi
gunakanlah warna ini untuk menyoroti elemen-elemen penting dalam desain kita.
Bagi seorang pria, warna kuning adalah warna yang lembut, dan kekanak-kanakan,
jadi saya tidak merekomendasi untuk menggunakan warna ini dalam mempromosikan
produk-produk maskulin pria – tidak ada pria yang akan membeli jas bewarna
kuning atau kacamata bewarna kuning. Warna kuning juga melambangkan
ketidakstabilan dan spontanitas, jadi hindari penggunaan warna ini bila anda
ingin melambangkan stabilitas dan keamanan. Warna kuning adalah warna yang
cerah, sehingga akan mati bila dipasangkan dengan warna putih. Jadi warna
kuning memerlukan warna yang lebih gelap.
Warna-warna yang berhubungan dengan warna kuning :
-Kuning kecokelatan melambangkan kebusukan, kerusakan,
penyakit dan rasa cemburu.
-Kuning muda sering dihubungkan dengan intelek, kesegaran,
dan kegembiraan.
8. Makna Warna Merah
Merah adalah warna dari api dan darah, maka merah sering
dihubungkan dengan energi, perang, bahaya, kekuatan, tekat yang kuat, hasrat,
dan cinta.
Makna warna merah adalah warna yang mempunyai unsur
emosional yang kuat. Warna ini dapat mempertinggi metabolisme tubuh manusia,
meningkatkan pernapasan, dan menaikkan tekanan darah. Warna ini sangat mudah
dilihat, itulah kenapa warna ini sering digunakan sebagai tanda-tanda rambu
lalu lintas, tanda-tanda larangan, dan peralatan pemadaman api juga banyak yang
bewarna merah. Dalam ilmu kelambangan, warna merah sering diindikasikan dengan
keberanian. Sehingga wajar warna ini terdapat di banyak bendera negara-negara.
Warna merah dapat membuat sebuah objek terlihat sangat
jelas, atau dalam bahasa inggris disebut dengan istilah “eye catching”.
Sehingga warna merah ini cocok untuk digunakan sebagai warna dari banner ‘Beli
Sekarang’ atau ‘Klik Disini’. Dalam dunia periklanan, warna merah sering
menimbulkan kesan ‘erotis’ (bibir merah, kuku bewarna merah, dll). Merah juga
sering diindikasikan sebagai bahaya (tanda tegangan tinggi, rambu lalu lintas,
dll). Dan seperti yang sudah disebutkan di atas, warna merah juga sering
dihubungkan dengan energi, sehingga kita dapat memakai warna ini untuk
mempromosikan minuman berenergi, permainan, mobil, hal-hal yang berhubungan
dengan olahraga dan aktifitas fisik lainnya.
Warna-warna yang berhubungan dengan warna merah :
-warna merah muda melambangkan kegirangan, seksualitas,
hasrat, sensitifitas, dan cinta.
-warna pink/merah muda melambangkan kisah percintaan, dan
pertemanan. Sering dihubungkan dengan hal-hal berbau feminim.
-warna merah gelap melambangkan kegeraman, kedengkian,
kemarahan, kemurkaan, kepemimpinan, keberanian, keinginan, tenaga, dan
ketekunan.
-warna coklat melambangkan stabilitas dan sering dihubungkan
dengan hal-hal berbau kejantanan atau maskulin.
-warna coklat kemerah-merahan sering dihubungkan dengan
musim panen dan gugur.
0 komentar:
Posting Komentar