Senin, 05 Juni 2017

4 Pelajaran Ramadhan bagi Desainer Grafis


Kita telah memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah ini menjadi pertanda bahwa ada banyak pahala yang bisa kita dapat dari apapun yang kita lakukan. Bulan Ramadhan bukan saatnya bermalas-malasan dan Anda harus tetap menjadi seorang pekerja yang produktif meskipun tidak makan dan minum selama seharian. Produktivitas ini tent saja berlaku untuk Anda yang sekarang berprofesi sebagai seorang desainer grafis.



Sebagai desainer grafis maupun sebagai penyedia jasa company profile, Anda juga bisa mengambil banyak pelajaran dibulan Ramadhan ini. Apa saja? Berikut adalah beberapa pelajaran dari bulan Ramadhan yang dapat membuat kita menjadi desainer grafis yang lebih baik.

1. Menahan Diri

Arti dari puasa (saum) adalah menahan diri. Menahan diri adalah poin utama dalam menjalani Bulan Ramadhan bagi umat Muslim. Ini adalah suatu bentuk latihan mengontrol diri dari nafsu agar level iman manusia meningkat. Sebagai desainer grafis, kita seringkali berhadapan dengan berbagai proyek sekaligus. Secara ekonomi, semakin banyak proyek yang digarap akan semakin banyak pula income yang didapat. Tapi bagaimana dengan output dan kualitas hasilnya?

Untuk itu terkadang kita perlu menerapkan konsep 'menahan diri' untuk memberikan layanan terbaik kepada klien. Walaupun mungkin godaan income yang cukup besar selalu menjadi bahan pertimbangan.

2. Integritas

Integritas adalah melakukan hal yang benar secara konsisten walaupun dalam keadaan dan waktu yang sulit untuk melakukannya. Dalam kata lain integritas juga berarti "menyelaraskan perkataan dengan perbuatan". Praktek integritas sangat jelas terlihat pada bulan Ramadhan. Dimana, ibadah puasa yang kita lakukan murni hanya kita dan Tuhan yang mengetahui. Jika kita konsisten dengan puasa kita, kita tentu akan menjauhi segala sesuatu yang akan merusak dan membatalkan puasa walaupun jika kita melakukannya tidak akan ada satu orang pun yang tahu. Pada desain grafis, konsep integritas bisa diterapkan dalam menjunjung sikap jujur, tanggung jawab, dan mengedepankan kualitas karya.

3. Berjamaah

Dalam bulan Ramadhan, konsep berjamaah terasa diberbagai kegiatan bulan Ramadhan, mulai dari shalat berjamaah, sahur bersama, berbuka bersama, sedekah, tadarrusan, sampai dengan zakat fitrah. Bahasa modernnya dikenal dengan team work. Pada desain grafis, bekerja sebagai tim (berjamaah) akan meningkatkan produktifitas dan kualitas karya. Karena disaat berjamaah, kita akan saling melengkapi satu sama lain. Satu pihak dengan skill tertentu digabungkan dengan skill-skill berbeda yang dimiliki pihak-pihak lain akan menghasilkan output yang berkualitas, karena masing-masing bisa berfokus dan memberikan yang terbaik dari keahliannya.

4. Disiplin dan Target

Pada desain grafis, disiplin dan target seringkali terlupakan. Sehingga dari waktu ke-waktu, kita hanya berkutat pada level yang sama tanpa adanya pengembangan diri yang signifikan. Nah, berkaca dari bulan Ramadhan, sudah saatnya kita membenahi disiplin waktu dan pencapaian target berkala sehingga menjadi desainer grafis yang lebih baik setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com