Kamis, 08 Juni 2017

Ssstt... Ini Dia Tips Kreatif Membangun Portofolio Design


Di industri kreatif, yang terpenting adalah portfolio. Ia ibarat wajah dari seorang desainer grafis yang dapat merepresentasikan gaya, skill dan keterampilannya di bidang desain. Calon klien kemungkinan besar tidak menanyakan berapa IPK kamu selama kuliah, tapi melihat apakah portfolio design kamu sesuai standar yang mereka inginkan atau tidak.



Tapi, bagaimana caranya seorang desainer grafis memiliki portfolio design yang bagus apabila ia belum pernah menangani real project dari klien sama sekali? Nah, seperti yang dilansir situs jasa web profile, simak beberapa tips berikut yang dapat membantu kamu untuk memulai membuat portfolio designmu sendiri.

Desain Fiktif

Meski yang dikerjakan adalah proyek fiktif, tapi hasil desain yang kamu buat nyata kan? Karena itulah, sah-sah saja untuk menampilkan desain fiktif kamu pada portfolio design. Misalnya, proyek-proyek yang ditugaskan semasa kuliah, atau hasil retouch logo atau company profile perusahaan yang kamu buat. Tak masalah meski proyeknya fiktif, yang ingin dilihat klien adalah cerminan seberapa kreatif kamu dari desain-desain tersebut.

Desain Pro Bono

Pro bono publico atau yang biasa disingkat dengan Pro bono, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pelayanan yang diberikan secara cuma-cuma oleh seorang profesional sebagai layanan publik. Kamu bisa membuat proposal untuk diajukan kepada lembaga non-profit seperti LSM, panti asuhan atau apapun untuk menawarkan jasa desain secara gratis kepada mereka. Jangan takut hanya karena tidak dibayar, sebab Pro bono memberikan banyak keuntungan kepada seorang desainer seperti image yang baik.


Proyek Pribadi

Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja atau membuat studio desainmu sendiri, mungkin kamu pernah membuat beberapa desain untuk dirimu sendiri atau orang-orang di sekitarmu. Misalnya desain kartu nama ayahmu, desain logo untuk bisnis kecil-kecilan kamu dan temanmu, desain brosur event kampusmu, dan sebagainya. Desain-desain tersebut bisa kamu masukkan ke portfolio designmu.

Hasil latihan software

Sebelum mahir menggunakan software tertentu, kamu pasti latihan terlebih dahulu dengan mencoba-coba sendiri atau mengikuti suatu tutorial tertentu kan?  Nah, hasil jadi uji coba kamu itu juga bisa kamu tambahkan ke dalam portfolio design kamu lho.  Tapi berhati-hatilah. Pilih yang terbaik dari yang terbaik.

Menyadari portfolio design adalah senjata utama seorang desainer grafis untuk bersaing di dunia industri maka tidak menutup kemungkinan jika media ini harus dibuat sekreatif mungkin dan tonjolkan apa yang menjadi hal yang sangat menarik dari jasa Anda agar mengundang banyak klien untuk meng-hire jasa desain grafis yang Anda tawarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com