Selasa, 07 Februari 2017

Tutorial Desain Grafis : Cara Membuat Efek Teks Kertas Sobek Pada Photoshop



Anda baru belajar desain dan menekuni ilmu yang satu itu? Saat memiliki cita-cita sebagai seorang desainer yang handal, Anda tentu memerlukan keahlian yang mumpuni, salah satunya adalah dengan terus melatih dan mencoba menghasilkan karya yang luar biasa dan berbeda dari sebelumnya.

Mungkin awalnya karya Anda tak begitu bagus, tetapi jika terus mengikuti tutorial desain grafis yang ada, tentu skillmu semakin terasah. Seorang desainer yang andal juga pasti dulunya membuat karya dengan melihat tutorial, maka tidak heran, jika sampai saat ini tutorial desain grafis masih diperlukan.

Tutorial khususnya yang berhubungan dengan photoshop membutuhkan pemahaman yang baik. Mungkin jika nantinya tutorial dijadikan contekan bisa saja Anda lakukan, namun apakah seterusnya akan begitu? tentu tidak. Dari tutorial ini sebisa mungkin Anda mengembangkan seperti apa nantinya desain photoshop yang akan digunakan.

Nah, dari sekian banyak tutorial desain grafis menggunakan Photoshop, Apakah Anda sudah mencoba membuat efek teks sobek? Jika belum, Tutorial dibawah ini bisa Anda gunakan dalam tipografi untuk keperluan desain, misalnya saja logo.

Berbicara tentang efek teks kertas sobek, efek yang satu ini memang sudah banyak digunakan dan sudah lama ada. Bahkan, beberapa perusahaan dan jasa desain company profile menggunakan efek khusus ini untuk membuat grafis semakin menarik dan berbeda dari yang lainnya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera simak tutorial desain grafis membuat efek teks sobek menggunakan Photoshop di bawah ini.

Langkah 1

Buka sebuah warna background dan jangan lupa untuk menggradasikan dari abu-abu ke warna pekat. Intip gambarnya seperti di bawah ini.



Langkah 2

Anda sudah download font atau setidaknya memiliki kumpulan font yang cukup banyak? Jika sudah gunakan font Lot lalu ketikkan “ART” di mana setiap huruf memiliki layer sendiri. Hal ini untuk memberikan efek yang berbeda pada setiap huruf.



Langkah 3

Awalnya, kita mulai dengan layer “A” yang nantinya akan memberikan efek kertas sobek. Klik dua kali layer “A” hingga keluar kotak Layer Style. Anda bisa pilih gradient overlay, lalu atur settingan pada Opacity, Gradient, Style, Angle, dan Scale seperti gambar di bawah. Check list tanda Preview untuk bisa melihat perubahannya.



Langkah 4

Anda masih menggunakan Layer Style, tetapi beralih ke Drop Shadow untuk memberikan efek bayangan pada teks. Atur nilai-nilai di dalam kotak sama persis seperti gambar di bawah.



Langkah 5

Pilih Style di baris paling atas pada kotak Layer Style kemudian klik tombol New Style. Di sini menandakan bahwa Anda menyimpan settingan pada Layer Style untuk bisa diaplikasikan pada layer lain.



Kira-kira seperti inilah hasil dari pemberian efek Gradient Overlay dan Drop Shadow pada layer “A”.



Langkah 6

Buka Styles Palette dengan memilih Windows > Style. Pilih layer “R” dan “T” lalu klik Ikon Style yang sudah kamu simpan tadi. Secara otomatis layer “R” dan “T” akan mengikuti layer “A”.



Langkah 7

Di layer “R” klik dua kali pada Gradient Overlay di layer palette untuk menambahkan sedikit perubahan. Ubah angle efek kertas robek pada layer “R” menjadi 180o.



Langkah 8

Anda juga perlu menaikkan efek huruf “R” sedikit ke atas. Dengan jendela layer style masih terbuka, kamu hanya perlu meng-klik dan drag efek tersebut ke atas untuk menyesuaikan posisinya pada teks.





Langkah 9

Dengan cara yang sama, edit juga angle dari efek gradient overlay pada layer ‘t’ menjadi 0°.





Inilah kondisi layer palette setelah pemberian efek kertas robek pada teks selesai. Dan seperti inilah kira-kira hasil tutorial desain grafis membuat efek kertas sobek pada teks menggunakan Photoshop. Bagaimana tertarik mencobanya? semoga tutorial ini bisa menjadi inspirasi dalam memperkaya kemampuan desain grafis Anda.


0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com