Kamis, 02 Februari 2017

Ketahui Ragam Tipikal Klien Dalam Desain Grafis



Desainer grafis selalu dituntut untuk selalu pandai dan komunikatif dalam berinteraksi dengan klien. Hal ini tentu tidak mudah, kadang tindakan klien sering diluar dugaan dan tidak bisa ditebak. Terkadang begini, terkadang begitu, dan jika sudah begini siapa yang repot? tentu Anda sebagai seorang desainer grafis.


Tantangan bagi desainer grafis bahkan jasa pembuatan company profile selain membuat grafis yang bagus adalah menjaga ritme project agar tetap berjalan di jalur yang tepat dan berakhir happy ending. Apakah hal tersebut selalu berjalan lancar? tentu tidak, karena kembali lagi kepada klien, mereka selalu memiliki pemikiran sendiri dengan sifat dan sikap yang berbeda-beda.

Sebagai penggambaran untuk Anda yang berprofesi sebagai seorang desainer grafis, inilah dia beberapa tipikal klien yang pastinya akan Anda temui suatu saat nanti.



1. Tipikal Paling Penting

Tipe klien seperti ini sering kali adalah orang penting dan super sibuk. Biasanya, proyek dari mereka harus diutamakan dan selesai dalam deadline yang singkat. Kabar baiknya, mereka tidak mempermasalahkan soal bayaran dan selalu punya budget yang bagus, sesuatu yang membuat permintaan klien semacam ini sulit untuk ditolak.

2. Tipikal Bingung

Tipikal seperti ini tidak hanya punya pribadi yang bingung dan ragu-ragu, tapi juga membingungkan orang lain yang dalam konteks ini adalah desainer grafis. Mereka sendiri tidak tau apa yang mereka inginkan. Sekalinya mereka tahu apa yang diinginkan, penyampaian kepada desainer grafisnya cukup rumit dan malah berakhir dengan tanda tanya.

3. Tipikal Perfeksionis

Ini dia tipikal klien yang akan sering Anda temui. Tipe klien seperti ini selalu menginginkan segala sesuatu selesai dengan sempurna. Akan ada banyak sekali revisi sampai kepada detail-detail yang kecil. Klien dengan tipikal perfeksionis juga selalu tepat waktu dan tidak mau menunda pekerjaan. Jika sudah bertemu dengan klien seperti ini, pastikan ide dan kreatifitas Anda mencapai limitnya dan mintalah apresiasi jika memang sudah overload tetapi klien puas dengan apa yang Anda kerjakan.



4. Tipikal Menyenangkan

Kalau yang ini, klien akan senang dan always happy dengan ide serta kerja Anda terhadap project yang sedang dikerjakan. Jika menemukan klien seperti ini, selamat. Terlebih jika mereka pribadi yang menyenangkan dan mudah bergaul. Bagaimanapun desain yang kamu kerjakan, mereka akan merespon dengan sangat baik, seperti berkata "Mantappp. Ini desainnya bagus" atau "Asik neh desainnya, cuma tinggal perbaiki sedikit di bagian sini, disini, dan disini..tapi overall udah bagus kok!".

5. Tipikal Suka Mengobrol

Klien seperti ini hampir mirip dengan klien pada poin no 4. Mereka menyenangkan dan juga mudah bergaul. Tapi biasanya akan sangat mengganggu karena mereka juga hobi ngobrol panjang lebar, apalagi jika kita sedang harus menyelesaikan pekerjaan. Cara yang terbaik adalah terbuka dan mengatakan apa adanya kondisi dan situasi yang kita hadapi. Hanya saja hati-hati, jangan sampai nadanya kedengaran seperti mengusir.

6. Tipikal GapTek

Klien GapTek sangat kesulitan dalam memanfaatkan teknologi. Biasanya akan berimbas kepada hal-hal yang bersifat teknis. Jika kita terbiasa menggunakan email sebagai sarana komunikasi, mengirim dan bertukar data, maka untuk mereka, cara-cara manual dan tradisional terpaksa kembali harus ditempuh. Serasa kembali ke sepuluh tahun yang lalu.



Nah, itulah beberapa tipikal klient yang siap menyambut Anda saat sudah bergelut dibidang grafis. Sekedar sharing saja, jika Anda memiliki tipikal lain dari klien, silahkan berikan komentar Anda dibawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com