Jumat, 20 Januari 2017

Makna Dari Warna Dalam Dunia Desain Grafis

Apakah Anda adalah seorang desainer Grafis pemula dan Anda juga tidak mengerti tentang makna dari warna dalam dunia desain grafis?. Maka Anda wajib pantengin artikel ini dan mulai belajar memaknai warna dalam dunia desain grafis, karena selain untuk menambah pengetahuan tentu saja ini penting sekali untuk meningkatkan produktivitasmu.


Lalu kenapa Anda harus tau tentang makna dari warna?. karena warna memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia desain grafis, untuk itulah para penyedia jasa desain logo, jasa desain company profile dan jasapembuatan company profile sangat berhati-hati dalam bermain warna dalam desain, karena itu akan mempengaruhi desain yang nantinya akan di hasilkan.

Selain itu warna tersebut dapat berbicara melalui gambar ataupun karya desain kita. Bila salah dalam memadukan warna, maka karya desain kita akan kehilangan esensi, maksud dan tujuan mengapa desain itu dibuat.

Misalnya saja kita ingin membuat desain yang target nya adalah anak-anak umur 10 tahun ke bawah yang notabene identik dengan dunia yang cerah dan bahagia, maka perpaduan warna yang tepat adalah warna-warna cerah. Bila kita menggunakan warna-warna gelap, maka desain kita terlihat mati dan kehilangan esensi seperti saya katakan di atas.

Berikut adalah makna dari masing-masing warna yang dapat membantu kamu dalam menentukan arah sebuah karya desain :

1. Makna Warna Putih

Warna putih sering dihubungkan dengan terang, kebaikan, kemurnian, kesucian, dan keperawanan. Warna ini disarankan sebagai warna ‘kesempurnaan’.

Makna warna putih adalah aman, murni, dan bersih. Sebagai lawan dari warna hitam, putih biasanya mempunyai makna konotasi yang posotif. Warna putih dapat melambangkan keberhasilan. Dalam ilmu kelambangan, putih melambangkan kepercayaan dan kemurnian.

Dalam dunia periklanan, puith sering dihubungkan dengan kesejukan dan kebersihan sebab putih merupakan warna salju. Kita dapat menggunakan putih untuk melambangkan sifat simple dalam sebuah produk yang canggih. Warna putih sangat cocok dengan organisasi kemanusiaan. Malaikan juga biasanya diimajinasikan memakai pakaian bewarna putih.

Warna putih juga dihubungkan dengan rumah sakit, dokter, dan steril. Jadi kita dapat menggunakan warna putih untuk melambangkan keamanan ketika mempromosikan produk-produk medis. Warna putih sering juga dihubungkan dengan beban yang ringan, makanan rendah lemak, dan makanan berbahan susu.

2. Makna Warna Hitam

Warna hitam melambangkan kekuatan, elegan, formalitas/acara resmi, kejahatan, dan misteri. Hitam adalah warna misterius yang dihubungkan dengan ketakutan dan ketidaktahuan. Hitam biasanya punya makna konotasi negatif. Tapi warna hitam merupakan kekuatan dan kekuasaan; warna ini sering dipakai untuk menyampaikan kesan formal, elegan, dan bergensi (sepatu kulit hitam, dasi hitam, Mercedes hitam, kacamata hitam). Dalam ilmu kelambangan, warna hitam melambangkan dukacita.

Gaun ataupun jas hitam dapat membuat seseorang terlihat lebih ramping. Ketika kita mendesain sebuah gallery karya fotografi, kita dapat menggunakan hitam ataupun abu-abu sebagai warna latar untuk membuat warna lainnya (dari foto) terlihat jelas. Warna hitam sangat cocok dengan warna-warna cerah.

3. Makna Warna Biru

Biru adalah warna langit dan lautan. Warna ini sering dihubungkan dengan kedalaman dan stabilitas. Biru melambangkan kepercayaan, kesetiaan, kebijaksanaan, kepercayaan diri, kecerdasan, kepercayaan, kebenaran, dan surga.

Warna biru dirasa bisa bermanfaat untuk pikiran dan tubuh manusia. Warna ini dapat memperlambat metabolisme manusia dan menghasilkan efek ketenangan. Biru sering dihubungkan dengan kedamaian dan ketenangan. Dalam ilmu kelambangan, warna biru digunakan untuk melambangkan kesalehan dan ketulusan hati.

Kita dapat menggunakan warna biru untuk mempromosikan produk dan jasa yang berhubungan dengan kebersihan (penyaringan air, pembersih cairan), udara dan langit (penerbangan, bandara, AC), air dan lautan (pelayaran, air mineral). Kebalikan dari ‘kehangatan’ yang ada pada warna merah, kuning, dan jingga; warna biru ini sering dihubungkan dengan kesadaran dan kepandaian. Gunakan warna biru untuk melambangkan ketelitian/kecermatan ketika mempromosikan produk-produk canggih.
Warna biru sering dipakai oleh logo sosmed, lebih ke arah persahabatan dan ketenangan.

4. Makna Warna Hijau

Hijau adalah warna alam. Warna ini melambangkan pertumbuhan, harmoni, kesegaran, dan kesuburan. Hijau secara emosional dapat berarti keamanan. Warna hijau tua sering dihubungkan dengan uang.

Dalam ilmu kelambangan, hijau melambangkan pertumbuhan dan harapan. Hijau adalah lawan dari warna merah dalam rambu lalu lintas. Gunakan hijau untuk mengindikasikan keamanan ketika mempromosikan obat-obatan dan produk medis lainnya. Hijau dihubungkan dengan alam, jadi kita dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk-produk ‘hijau’.

Warna-warna yang berhubungan dengan warna hijau :

- Hijau tua sering dihubungkan dengan uang, - finansial, bank, ambisi, ketamakan, dan kecemburuan.
- Hijau kekuningan melambangkan penyakit, kecut hati, perselisihan, dan kecemburuan.
- Hijau Olive melambangkan kedamaian
- Hijau Aqua melambangkan emosi penyembuhan, dan perlindungan

5. Makna Warna Ungu

Warna ungu menggabungkan stabilitas dari warna biru dan energi dari warna merah. Ungu dihubungkan dengan keturunan raja. Warna ini melambangkan kekuatan, bangsawan, kemewahan, dan ambisi. Warna dapat berarti kekayaan dan keroyalan. Warna ungu juga dihubungkan dengan kebijaksanaan, martabat, kemerdekaan, kreatifitas, misteri, dan sihir.

Berdasarkan survey, hampir 75 persen anak-anak remaja muda lebih memilih warna ungu ketimbang warna lainnya. Warna ungu juga sangat jarang ditemui di dalam alam. Sehingga ungu juga melambangkan ‘buatan manusia’ bukan ‘buatan alam'.

Warna-warna yang berhubungan dengan warna hijau :

- Ungu muda melambangkan rasa romantis, dan nostalgia. Ungu muda adalah pilihan yang bagus untuk desain yang feminim. Kita juga dapat menggunakan warna ini untuk mempromosikan produk-produk remaja muda dan anak-anak.

- Ungu tua melambangkan kesuraman dan kesedihan. Warna ini dapat menimbulkan perasaan frustasi.

6. Makna Warna Oranye / Jingga

kreatifitas, kebulatan tekad, perhatian, sukses, dorongan, dan perangsang.

Dalam pandangan manusia, warna jingga adalah warna yang bersemangat, sehingga warna ini memberikan efek sensasi yang ‘hangat’. Namun, jingga tidak seagresif warna merah. Warna jingga meningkatkan suplai oxigen dalam otak, dan memproduksi efek kesegaran, dan menstimulasi aktifitas mental. Warna ini sangat cocok dengan kaum muda. Karena jingga adalah warna jeruk, maka warna ini sering dihubungkan dengan makanan sehat dan nafsu makan. Warna jingga juga merupakan warna musim gugur dan musim panen. Dalam ilmu kelambangan, warna jingga merupakan simbol kekuatan dan daya tahan.

Warna jingga juga sangat mudah menarik perhatian, sehingga kita dapat menggunakannya untuk menarik perhatian dari elemen-elemen penting dalam desain kita. Warna jingga sangat efektif dalam mempromosikan produk makanan dan mainan.

Warna-warna yang berhubungan dengan warna jingga :

-Jingga tua dapat berarti ketidak-percayaan dan kebohongan.

-Jingga kemerahan melambangkan hasrat, seksualitas, kenyamanan, dominasi, dan penyerangan.

-Emas melambangkan rasa wibawa dan martabat. Warna emas juga berarti penerangan, kerajaan, dan kekayaan. Warna Emas sering disimbolkan dengan ‘kualitas tinggi’.

7. Makna Warna Kuning

Kuning adalah warna dari matahari terbit. Sering dihubungkan dengan keceriaan, kebahagiaan, orang pandai, dan energi.

Kuning menghasilkan efek hangat, membangkitkan kegembiraan, merangsang aktifitas mental, dan membangkitkan energi. Kuning juga sering dihubungkan dengan makanan. Warna kuning yang cerah juga merupakan warna ‘penyerap perhatian’, itulah sebabnya warna kuning banyak dipakai sebagai warna angkutan umum dan taksi. Tetapi bila terlalu banyak menggunakan warna kuning dapat menimbulkan efek ‘mengganggu’. Menurut pengalaman dan ‘curhat’ orang-orang, seorang anak bayi akan menangis bila diletakkan di dalam ruangan yang keseluruhannya bewarna kuning. Kuning juga sering dihubungkan dengan nada peringatan. Dalam ilmu kelambangan, kuning diindikasikan dengan kehormatan dan kesetiaan. Di sebagian kasus, kuning juga sering dihubungkan dengan perasaan kecut hati/pengecut.

Gunakan warna kuning untuk menimbulkan rasa senang, dan bahagia. Kita dapat memilih warna kuning untuk mempromosikan produk anak-anak. Selain merah, warna kuning ini juga sangat efektif untuk menarik perhatian, jadi gunakanlah warna ini untuk menyoroti elemen-elemen penting dalam desain kita. Bagi seorang pria, warna kuning adalah warna yang lembut, dan kekanak-kanakan, jadi saya tidak merekomendasi untuk menggunakan warna ini dalam mempromosikan produk-produk maskulin pria – tidak ada pria yang akan membeli jas bewarna kuning atau kacamata bewarna kuning. Warna kuning juga melambangkan ketidakstabilan dan spontanitas, jadi hindari penggunaan warna ini bila anda ingin melambangkan stabilitas dan keamanan. Warna kuning adalah warna yang cerah, sehingga akan mati bila dipasangkan dengan warna putih. Jadi warna kuning memerlukan warna yang lebih gelap.

Warna-warna yang berhubungan dengan warna kuning :

-Kuning kecokelatan melambangkan kebusukan, kerusakan, penyakit dan rasa cemburu.

-Kuning muda sering dihubungkan dengan intelek, kesegaran, dan kegembiraan.

8. Makna Warna Merah

Merah adalah warna dari api dan darah, maka merah sering dihubungkan dengan energi, perang, bahaya, kekuatan, tekat yang kuat, hasrat, dan cinta.

Makna warna merah adalah warna yang mempunyai unsur emosional yang kuat. Warna ini dapat mempertinggi metabolisme tubuh manusia, meningkatkan pernapasan, dan menaikkan tekanan darah. Warna ini sangat mudah dilihat, itulah kenapa warna ini sering digunakan sebagai tanda-tanda rambu lalu lintas, tanda-tanda larangan, dan peralatan pemadaman api juga banyak yang bewarna merah. Dalam ilmu kelambangan, warna merah sering diindikasikan dengan keberanian. Sehingga wajar warna ini terdapat di banyak bendera negara-negara.

Warna merah dapat membuat sebuah objek terlihat sangat jelas, atau dalam bahasa inggris disebut dengan istilah “eye catching”. Sehingga warna merah ini cocok untuk digunakan sebagai warna dari banner ‘Beli Sekarang’ atau ‘Klik Disini’. Dalam dunia periklanan, warna merah sering menimbulkan kesan ‘erotis’ (bibir merah, kuku bewarna merah, dll). Merah juga sering diindikasikan sebagai bahaya (tanda tegangan tinggi, rambu lalu lintas, dll). Dan seperti yang sudah disebutkan di atas, warna merah juga sering dihubungkan dengan energi, sehingga kita dapat memakai warna ini untuk mempromosikan minuman berenergi, permainan, mobil, hal-hal yang berhubungan dengan olahraga dan aktifitas fisik lainnya.

Warna-warna yang berhubungan dengan warna merah :

-warna merah muda melambangkan kegirangan, seksualitas, hasrat, sensitifitas, dan cinta.

-warna pink/merah muda melambangkan kisah percintaan, dan pertemanan. Sering dihubungkan dengan hal-hal berbau feminim.

-warna merah gelap melambangkan kegeraman, kedengkian, kemarahan, kemurkaan, kepemimpinan, keberanian, keinginan, tenaga, dan ketekunan.

-warna coklat melambangkan stabilitas dan sering dihubungkan dengan hal-hal berbau kejantanan atau maskulin.


-warna coklat kemerah-merahan sering dihubungkan dengan musim panen dan gugur.


0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com