Minggu, 19 Februari 2017

Kenali Makna Dalam Beberapa Warna Dalam Desain


Selain bentuk, warna merupakan salah satu elemen penting dalam desain. Sebab sadar atau tidak, setiap warna akan memberikan efek tersendiri bagi suatu desain dan juga orang yang melihat akan lebih tertarik karena warna memiliki daya tarik tersendiri dalam meraih banyak perhatian dari user.

Setiap warna, bahkan hitam putih sekali pun mengandung arti dan makna tersendiri yang dapat menyampaikan suatu pesan tertentu. Oleh karena itu, pengetahuan akan psikologi warna akan menjadi nilai plus bagi seorang desainer, karena mereka bukan hanya tau tentang perpaduannya saja, tetapi juga mengetahui akan makna yang tersirat di dalamnya.


Beberapa warna berikut ini akan kami deskripsikan terkait apa saja makna khusus di dalamnya yang secara sadar bisa mempengaruhi emosi bahkan psikologis kita. Simak ulasannya!

Warna Merah

Arti makna warna merah; mengimplikasikan passion, energi, bahaya, agresi, kehangatan dan panas. Penelitian menunjukkan bahwa warna merah bisa menstimulasi nafsu makan, karena itulah banyak restoran atau produk makanan yang menggunakan warna merah untuk logo mereka. Warna merah akan membuat logomu terlihat lebih dinamis, maka dari itu jangan segan-segan untuk memasukan warna ini kedalam desain yang Anda buat.



Warna Oranye

Arti makna warna oranye; sering dianggap sebagai warna dari inovasi dan pemikiran modern. Warna ini juga mengandung arti muda, fun, serta keterjangkauan. Warna oranye juga sering diartikan sebagai warna keceriaan yang siapapun yang melihat warna ini, tingkat keceriaannya akan bertambah. Warna oranye sering digunakan dalam beberapa poster dan juga famplet terkait promosi suatu brand.



Warna Biru

Arti makna warna biru; adalah warna yang paling sering digunakan untuk logo perusahaan. Warna ini menyiratkan profesionalisme, pemikiran yang serius, integritas, ketulusan dan ketenangan. Biru juga diasosiasikan dengan otoritas dan kesuksesan. Karena itulah warna ini populer digunakan oleh institusi financial dan badan pemerintah.



Warna Hijau

Arti makna warna hijau; biasanya digunakan ketika ingin menonjolkan sifat natural dan beradab dari suatu perusahaan. Warna ini juga memiliki arti lain seperti pertumbuhan dan kesegaran, karenanya warna ini popular digunakan oleh produk-produk organik, makanan vegetarian dan produk finansial.


Warna Kuning

Arti makna warna kuning; merupakan warna yang cerah, hangat dan bersahabat. Selain merah, warna ini juga merupakan salah satu warna yang dapat menstimulasi nafsu makan. Tetapi, kamu harus berhati-hati dalam pemakaiannya karena warna ini juga mengandung konotasi negated seperti warna yang menandakan rasa pengecut dan juga digunakan dalam rambu-rambu peringatan.


Warna Putih

Arti makna warna putih; secara general dihubungkan dengan kemurnian, kebersihan, kesederhanaan dan kenaifan. Pada prakteknya, logo berwarna putih akan selalu membutuhkan bidang berwarna agar terlihat pada background putih. Oleh karena itu, perusahaan biasanya akan membuat versi berwarna dari logo putih mereka agar dapat digunakan pada background berwarna putih.



Warna Ungu

Arti makna warna ungu; mengesankan kemewahan dan royalty. Warna ini sejak lama diasosiasikan dengan gereja, mengimplikasikan kebijaksanaan dan martabat. Sepanjang sejarah yang ada, warna ini telah menjadi warna dari harta dan kekayaan.


Itulah beberapa makna warna yang ada saat ini dan mungkin sangat familiar bagi Anda para desainer grafis atau bahkan orang yang bergelut dibidang jasa desain logo. Warna-warna ini cukup memiliki banyak efek yang baik pada desain yang dibuat, maka dari itu jangan pernah meremehkan warna sebagai pengikat sebuah grafis.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com