Kamis, 16 Februari 2017

Kenali Apa Itu Warna RGB Dalam Desain Grafis


Warna selalu ada dalam segala hal, tanpa warna maka apapun yang kita lihat akan terasa monoton dan membosankan. Warna adalah penyimbang hidup, dalam desain grafis sendiri warna menjadi objek vital yang tidak bisa dipisahkan dan akan selalu berkembang.

Warna dalam desain grafis memiliki beberapa kelompok, diantaranya adalah warna RGB. RGB sendiri merupakan singkatan dari Red – Blue – Green yang merupakan model warna pencahayaan yang dipakai dalam input device seperti scanner atau output device seperti display monitor.


Apabila warna RGB dikombinasikan antara satu warna dengan yang lainnya maka terciptalah warna putih. Inilah dasar mengapa RGB disebut ”additive color” atau bahasa kerennya “warna pencahayaan”. RGB merupakan prinsip warna yang digunakan oleh media elektronik seperti televisi, monitor komputer, dan juga scanner. Oleh karena itu, warna yang ditampilkan RGB selalu terang dan menyenangkan, karena memang di-setting untuk display monitor, bukan untuk cetak, sehingga lebih leluasa dalam bermain warna. Beda halnya dengan CMYK.


Setiap warna memiliki fungsi utama, tidak terkecuali bagi warna RGB sendiri dimana kegunaan utamanya adalah untuk menampilkan citra gambar dalam perangkat elektronik. Namun, sebelum era elektronik itu sendiri, RGB telah memiliki landasan yang kuat berdasarkan pemahaman manusia terhadap teori trikromatik.

RGB merupakan warna yang sangat bergantung pada piranti yang digunakan. Karena, beda piranti beda pula warna yang dihasilkannya. Kelebihannya adalah gambar mudah dipindahkan ke alat lain tanpa harus di-convert ke mode warna lain, karena banyak peralatan yang memakai mode warna ini.

Namun, warna RGB juga tidak lepas dari kekurangan dimana menurut situs yang membuka jasa desain logo, kelemahan dari warna ini adalah tidak bisa dicetak sempurna, karena printer menggunakan mode warna CMYK, sehingga harus diubah terlebih dahulu.

Warna gamut RGB lebih luas dari CMYK. Bila warna CMYK dapat terbaca pada sistem warna RGB, namun warna RGB tidak semuanya dapat terbaca pada sistem warna CMYK. Inilah yang sebagian orang menganggap warna ini cukup spesial.


Mungkin hanya itu saja informasi yang dapat kita bahas tentang RGB kali ini. Baik RGB maupun warna lainnya yang masuk kedalam sebuah kelompok warna mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal bagaimana Anda saja yang pintar-pintar mengolah dan mengaplikasikannya dalam berbagai keperluan termasuk dalam mendesain sebuah grafis untuk keperluan komersil.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com