Selasa, 07 Februari 2017

Bagaimanakah Memilih Laptop Untuk Desainer Grafis? Simak Tipsnya



Terkadang sebagai seorang desain grafis tidak harus selalu mendesain sebuah desain di PC. Pekerjaan desain bisa saja dikerjakan di mana pun. Dengan ini, diperlukan sebuah laptop untuk mengerjakan sebuah desain di mana saja, agar terasa lebih praktis dan mudah dikerjakan dimana saja.


Berbicara tentang laptop, tidak semua jenis laptop dapat menampung besarnya tenaga yang digunakan seseorang untuk mengerjakan desain. Dengan kata lain, pemilihan laptop harus selektif dan sebaik mungkin dengan mempertimbangkan banyak hal agar bisa mendorong kinerja dari desainer grafis itu sendiri.

Berikut ini ada 5 tips dalam memilih laptop untuk para desainer grafis.

Ukuran Layar

Untuk keperluan desain grafis, Anda mungkin akan membutuhkan laptop dengan ukuran layar yang lebar. Ukuran yang lebar di sini bukan sekedar mengacu kepada semakin besarnya ukuran dalam inchi (misal: 14”, 15.4”, 16” dan seterusnya), namun lebih kepada ukuran resolusi layar.

Laptop yang ideal untuk desain grafis umumnya memiliki resolusi minimal 1366 x 768, namun ada baiknya Anda menggunakan resolusi yang lebih besar seperti 1600 x 900, karena pekerjaan desain grafis seperti desain real estate membutuhkan ruang yang besar dan akan jauh lebih nyaman.


Prosessor

Laptop yang mudah menjadi panas akan menyulitkan Anda. Untuk menghasilkan performa yang maksimal dalam melakukan pekerjaan desain grafis, Anda membutuhkan laptop dengan prosessor yang cepat. Umumnya, saat ini kebanyakan orang cenderung mencari prosessor Intel Core Series dengan tingkat GHz yang tinggi (2.4 GHz, 2.6 GHz, dan seterusnya), dengan harapan laptop mereka akan berjalan dengan lancar di program-program berbasis desain grafis.

Namun, sebaiknya Anda perlu berhati-hati dalam memilih prosessor laptop, karena ada beberapa prosessor dengan tingkat GHz yang tinggi namun dalam penggunaannya tidak sama satu dengan yang lainnya, bahkan cenderung tidak hemat energi.

Graphic Card

Komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting terutama ketika Anda ingin melakukan pekerjaan desain grafis seperti mengedit foto, desain 3D dan mengedit video. Perlu Anda perhatikan bahwa, dalam memilih laptop untuk desain grafis, usahakan untuk tidak memilih laptop dengan VGA on board. VGA dengan jenis ini pada dasarnya langsung tertanam pada laptop dan sistem kerjanya masih harus berbagi dengan memori RAM. Logikanya, apabila dipakai untuk program desain grafis yang berat, laptop Anda akan cenderung bekerja dengan lebih lambat.

Suhu Pemakaian

Dikarenakan pekerjaan desain grafis yang membutuhkan beberapa aplikasi sekaligus dan sistem kerja komponen yang maksimal, Anda mungkin akan mengalami di mana laptop Anda menjadi terlalu panas (overheated). Laptop yang sering dipakai hingga overheated akan merugikan Anda dari segi performa dan daya tahan. Maka, pilihlah laptop dengan sistem pendinginan yang baik dan dapat melakukan multi-tasking dengan stabil.

RAM

RAM berfungsi untuk menentukan kecepatan kerja tiap aplikasi desain grafis yang Anda gunakan. Semakin besar kapasitas RAM yang Anda miliki, semakin jarang Anda akan mendapatkan masalah di mana aplikasi desain grafis Anda berjalan secara lambat atau bahkan hang.

Pilihlah RAM dengan kapasitas minimal 2 GB dengan sistem operasi (misal: Windows 7) yang dapat berjalan dengan 64 bit. Windows 32 bit hanya dapat membaca RAM pada laptop Anda sekitar 2 GB, jadi akan sangat percuma apabila laptop Anda memiliki RAM berukuran 4 GB atau lebih. Selain itu, RAM dengan kapasitas yang besar dapat menunjang multi-tasking atau membuka beberapa program dalam waktu yang bersamaan.



Itulah beberapa tips dalam memilih laptop terbaik untuk desainer grafis. Sebagai orang yang bergerak dibidang visual sama halnya seperti para jasa pembuatan company profile Anda membutuhkan sebuah laptop bukan hanya baik tetapi juga mampu menjadi teman dalam meningkatkan kemampuan grafis Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com