Selasa, 21 Februari 2017

Beginilah Cara Desainer Memahami Permintaan Aneh dari Klien


Jika anda seorang desainer grafis atau yang bergerak dibidang jasa desain company profile yang sering diminta untuk membuat suatu desain tertentu oleh klien anda, tentunya pernah mengalami permintaan revisi, setelah capek-capek memikirkan ide dan mengaplikasikan nya pada desain, ternyata desain ditolak dan klien minta perubahan. Uhhh... so bad!

Revisi biasanya terjadi karena memang ada yang kurang optimal, kadang terjadi karena memang ada permintaan yang mendesak yang dikarenakan oleh perubahan kebijakan perusahaan, bahkan bisa jadi karena klien memang tidak pernah puas dengan apa yang dibuat oleh desainer yang dia pekerjakan dan juga dengan apa yang Anda buat dalam grafis itu sendiri.


Berbicara soal revisi dari klien, biasanya klien ini memiliki kata-kata yang memang sulit di mengerti oleh desainer, karena bisa jadi memang mereka sulit mendeskripsikan keinginannya, namun secara keseluruhan biasanya mereka kurang puas dengan hasilnya dan ingin Anda revisi sesuai dengan keingiannya.

Yang pasti terkadang klien memberikan keinginan yang disampaikannya dalam bentuk seperti isyarat. Dan sebagai desainer yang baik dan sebagai seorang konsultan yang memang bertugas dalam pekerjaan tersebut, harusnya Anda paham apa keinginan sang klien.

Misalnya begini, mereka sering bilang ” I’ll know what I want when I see it “, tapi sebenarnya ” They Won’t“, dimana klien merasa pasti akan mengetahui apa yang dia inginkan tapi pada kenyataan nya sebenarnya adalah tidak.

Atau saat dia bilang “It’s not popping for me (ini tidak terlalu jelas buat saya)” maka Anda sebagai desainer harus bisa mengartikan bahwa sebenarnya dia ingin sesuatu yang lebih cerah, menggunakan warna lebih berani dan lebih tebal dengan shadow di bagian belakang.

Kurang jelas bagaimana harusnya menjawab keinginan klien tersebut, berikut ini ada sebuah infografis menarik yang sedikit menyentil dan bahkan terkesan menyindir tentang permintaan-permintaan aneh sang klien ketika mereka memberikan feedback atau bahkan bisa terjadi saat mereka memberikan revisi.

Apakah infografis ini bisa Anda gunakan? tentu saja, asalkan jawaban versi Anda menggunakan bahasa yang tepat, sopa tanpa menyinggung pihak klien itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com