Kamis, 02 Februari 2017

Jadi, Apa Yang Dimaksud Dengan Kreatifitas Itu?



Desain grafis adalah salah satu bidang yang termasuk kedalam industri kreatif. Disebut "kreatif" karena desainer grafis dituntut untuk mencari solusi dan menemukan ide-ide yang tepat untuk memecahkan masalah dan juga menjadikan sebuah visual tampak menarik ketika dilihat.

Lalu, apa yang dimaksud dengan "kreatifitas" itu sendiri? Seperti apakah orang yang disebut dengan orang-orang kreatif itu? Pada Artikel ini, kita akan membahas lebih jauh tentang apa itu kreatifitas beserta aspek-aspek lainnya yang mendukung kreatifitas itu sendiri.

Apa itu kreatifitas?

Kreatifitas adalah kemampuan untuk membayangkan atau menciptakan sesuatu yang baru dan lain dari pada yang lain. Baru disini bukan berarti sama sekali baru, tapi adalah ide-ide yang telah ada sebelumnya diolah, digabungkan, diubah, dan dikembangkan kedalam suatu gaya baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Kreatifitas bukan hanya diterapkan di dalam desain grafis saja, tetapi hampir semua media yang berhubungan dengan visual seperti pelukis, hingga arsitektur membutuhkan kreatifitas sebagai salah satu sarana dalam menghubungkan ide dan konsep kedalam kehidupan nyata dengan membuatnya terlihat semakin luar biasa.



Ada satu kutipan dari Albert Einsten yang sangat tepat menggambarkan kreatifitas, yaitu: "Rahasia dari kreatifitas adalah mengetahui bagaimana menyembunyikan sumber yang kamu dapatkan"

Dari kutipan diatas, secara tidak langsung mengatakan bahwa tidak ada yang baru yang bisa ditemukan oleh manusia, hanya Tuhan yang bisa melakukan itu. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk peniru dan selalu terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Begitu juga halnya dengan kreatifitas, yang tidak lain hanyalah penggabungan dan pengembangan segala sesuatu yang telah ada sebelumnya.

Percaya atau tidak, setiap orang di dunia ini dilahirkan dengan kreatifitas, namun tidak sedikit orang yang hingga dewasa sangat susah mendapatkan kreatifitas, karena kreatifitas tersebut harus diolah dan diproses secara manual dalam otak kita. Selain itu, kreatifitas juga tidak bisa muncuk jika lingkungan dan emosi kita tidaklah mendukung.

Ciri - Ciri Kreatifitas

Orang-orang kreatif terbuka untuk perubahan dalam hidup. Mereka biasanya sangat penasaran dan menghabiskan banyak waktu untuk mencoba berbagai ide dan kemungkinan. Orang yang kreatif percaya bahwa "dunia ini baru setengah jadi", dan sisanya adalah tugas mereka untuk menemukan dan mengembangkannya, dan kegagalan hanyalah sebuah proses yang harus dilalui untuk mencapai tujuan.



Kreatifitas adalah Proses dan Kerja Keras

Kreatifitas juga membutuhkan waktu untuk diwujudkan. Pernahkan kamu mendengar kalimat "Ide muncul tiba-tiba"? Sebenarnya itu bukanlah ide yang selintas muncul tanpa sebab dan alasan. Ide tersebut berasal dari pengalaman tentang apapun yang kita lihat, dengar, rasakan dan dimunculkan kembali dalam rentang waktu yang tidak terduga. Sehingga, seolah-olah ide tersebut muncul dan hinggap di pikiran dengan tiba-tiba.

Nah, sekarang Anda sudah tahu tentang kreatifitas, bukan? Sebagai seorang desainer grafis atau bahkan jasa desain company profile, kreatifitas tidaklah mudah di dapatkan, karena Anda harus berpikir secara luas dan peka terhadap apa yang ada agar pikiran Anda bisa merespon dan kreatifitas tersebutpun bisa datang dengan sendirinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com