Kamis, 02 Februari 2017

Pentingkah Sketsa Dalam Sebuah Desain Grafis?

Tidak semua orang dilahirkan dengan bakat dan kemampuan menggambar yang bagus. Hal ini mungkin yang mendorong sebagian orang enggan untuk menerapkan proses sketsa dalam pengerjaan sebuah desain. Sketsa? Ya, coretan-coretan di kertas dimana sebuah ide di tuangkan.

Sketsa banyak dianggap remeh, padahal pada prakteknya, sketsa sangat membantu desainer untuk menyelesaikan masalah dalam projek desain. Hmm, sebegitu pentingkah peran sketsa dalam desain grafis?


Berikut ini, kita akan membahas beberapa faktor kunci terkait seberapa pentingnya sebuah sketsa dalam desain grafis. Jika Anda termasuk orang yang sulit menerapkan ide, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.



Bekerja Lebih Cepat

Bekerja menggunakan pensil dan kertas jauh akan lebih cepat dari pada menggunakan mouse dan komputer. Dengan sketsa, kita bisa membuat banyak kemungkinan dan alternatif dalam waktu yang singkat. Komputer dalam hal ini hanya berperan untuk eksekusi akhir sebuah karya.

Menyimpan Ide dan Inspirasi

Sudah seharusnya, sebagai desainer kamu membiasakan diri untuk membawa pensil dan note book kemana-mana. Banyak ide-ide baru yang biasa kita jumpai pada saat tidak sedang berada di depan komputer namun akhirnya terlupakan karena tidak disimpan. Nah, dengan sketsa kita bisa menyimpannya dengan mudah. Bisa jadi inspirasi yang kita simpan dalam bentuk sketsa bermanfaat dalam projek-projek desain nantinya.

Pengembangan Ide

Hal yang penting dari sketsa adalah, kemampuannya dalam mengeksplore ide-ide dan kemungkinan-kemungkinan baru dengan sangat cepat. Setiap goresan adalah awal dari terbukanya jalan untuk setiap kemungkinan baru, hal yang dimana akan susah kita temukan apabila langsung bekerja dengan komputer. Banyak coretan-coretan sketsa yang kelihatannya tidak jelas, namun ternyata adalah awal dari proses lahirnya karya-karya besar.

Melatih Kemampuan Menggambar

Walaupun sebenarnya menjadi desainer grafis tidak harus bisa menggambar dengan bagus, tapi tetap saja kemampuan menggambar manual akan sangat membantu dalam pengerjaan setiap projek desain. Terkadang sebuah projek desain membutuhkan illustrasi-illustrasi yang menuntut kemampuan menggambar manual yang bagus.

Jadi tidak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri bermain dengan sketsa untuk melatih kemampuan menggambar. Semakin sering dilatih, maka kualitas gambar pasti akan semakin bagus.



Praktis Dibawa-bawa

Peralatan sketsa berupa pensil dan note book tentu saja praktis untuk dibawa kemana-mana. Ini artinya, kita bisa bekerja dibanyak tempat hanya dengan bermodalkan peralatan tersebut. Mungkin laptop juga seperti itu, tapi akan repot jika harus membuka software grafis terlebih dahulu.

Bandingkan dengan sketsa, kita bisa bekerja bahkan sambil nongkrong, tinggal mengeluarkan pensil dan note book, maka kita bisa langsung mulai membuat berbagai kemungkinan baru untuk karya desain kita.

Itulah beberapa hal terkait pentingnya sebuah sketsa dalam desain grafis. Percaya atau tidak, skektsa sudah banyak diterapkan oleh beragam profesi mulai dari profesional hingga awam, tidak terkecuali jasa desain company profile. Untuk Anda yang memang sering menggambar sketsa sebelum menuangkannya dalam Photoshop, lanjutkan, karena sketsa bisa menjadi coretan penting penentu keberhasilan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com