Senin, 20 Februari 2017

Prediksi Desain User Interface di Tahun 2017


User interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware.


Sebagai salah satu fitur dalam sebuah grafis, UI atau User Interface diprediksi akan terus berkembang sebagai referensi untuk kalian yang lagi sibuk bikin website beserta optional content di dalamnya. Di tahun 2017 sendiri, perkembangan User Interface akan semakin melejit, maka dari itu yuk kita intip desain UI yang akan jadi trend di 2017, here we go!

Immersive, Full Screen Video

Trend UI desain tahun 2017 yang pertama adalah Compos coffee. Trend ini menggunakan typography sederhana digabungkan dengan video full screen, untuk membuat pesan yang kuat dan simple.

Immersive adalah membuat gambar terkesan 3 dimensi dan keluar mengelilingi user. Ada sebuah pepatah mengatakan “sebuah gambar mewakili seribu kata”, dan hal itu masih berlaku sampai sekarang. Di dalam dunia desain UI hal yang dimaksud adalah cara ampuh untuk menarik perhatian dari user.

Ketika Fotografi terasa statis, video dapat memberikan hasil yang dinamis. Video dapat menjadi cara yang ampuh untuk menarik perhatian user, karena dapat menyajikan cerita secara visual.

Kelebihan:

Video, Gambar Image Full screen adalah alat media yang kuat untuk menarik perhatian user dan secara cepat membuat sebuah ambience atau vibe yang kuat. Kedua media ini sangat flexible dan mudah untuk di aplikasikan, dapat di aplikasikan dengan baik untuk background, dan ditemani dengan pemilihan typography yang pas.


Form Content Scrolling

Scrolling adalah sebuah mekanisme baru, dan pastinya tidak se-trend dari fungi yang menjadi fundamental untuk browsing dalam web atau aplikasi. Kami melihat implementasi long-scrolling cukup meningkat di beberapa website. Tujuannya untuk membuat sebuah konten terlihat memanjang di layar seluas desktop atau gadget yang memiliki layar luas.

Belakangan ini, user atau pengguna merasa lebih nyaman ketika mereka scrolling untuk mencari konten di layar yang lebih kecil. Beberapa desainer mulai mengimplementasikan hal ini, khususnya, di layar yang lebih besar.

Kelebihan :

Metode long-scrolling ini adalah mekanisme yang baik untuk menampilkan sebuah narasi atau menjelaskan konten secara ter-struktur. Ini adalah sebuah cara baru untuk guiding user dengan baik.


Breaking The Grid

Grid dalam desain grafis dipergunakan sebagai alat bantu untuk menyusun dan mengatur komposisi objek visual. Istilah lain yang dipergunakan adalah untuk membantu pengaturan tata letak objek. Objek tersebut terdiri dari elemen grafis, yakni huruf dan gambar.

Akan tetapi dengan adanya grid atau batas ini, membuat desain terbatas dan terkesan kaku. Sehingga membatasi ruang gerak dan kreatifitas para desainer. Untuk membuat digital experience yang keluar dari tradisi, maka para desainer harus bereksperimen membuat lay out dengan desain “Break the Grid“. Dengan ini para desainer dapat menciptakan situs, aplikasi, dan interface yang menarik dan eksperimental.

Kelebihan :

Desain UI seperti ini memberikan opsi kreatif yang cukup luas. Sisi fleksibilitasnya menciptakan sebuah bentuk baru yang bebas dan tidak bisa didapatkan ketika berada di dalam aturan grid. Ada yang perlu diketahui, semua interface yang dibuat wajib user friendly agar tidak membuat user bingung.


Micro Interaction / Interaksi Mikro

Trend UI desain tahun 2017 berikutnya adalah micro interaction atau interaksi mikro. Dari sudut pandang user, micro interaction tidak hanya terlihat kecil. Contohnya animasi on-screen atau berbentuk transisi, sebenarnya hal tersebut merujuk pada sebuah feedback bentuk visual dan feedback action untuk user.

Micro interaction membuat user mengetahui apa yang telah terjadi, dan apa yang akan terjadi, ketika mereka berinteraksi dengan UI.

Seperti ketika menggunakan fitur “Like” pada facebook. Ketika user klik ikon gambar jempol like untuk menyukai sesuatu, ikon tersebut membesar dan beralih warna menjadi biru sebelum kembali ke bentuk yang sebelumnya.


Itulah prediksi perkembangan User Interface di tahun 2017 ini. Sebagai media yang dibutuhkan desain grafis bahkan mereka yang bergerak dibidang jasa desain company profile, User Interface memang dibutuhkan untuk menjadi grafis dan vidual komunikasi lebih menarik dari waktu ke waktu

1 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com