Kamis, 08 Juni 2017

Mengenali Jenis-Jenis Animasi Berdasarkan Teknologinya


Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannya para animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut.



Berbicara tentang animasi, maka tidak jauh berbeda dengan media lainnya animasi pun memiliki berbagai bidang dan berbagai macam film animasi kini mulai dari film animasi sederhana sampai film animasi yang dikemas sedemikian rupa hingga terlihat nyata dan menonjol selalu menampilkan hal-hal ini untuk menjadikan animasi terlihat semakin menarik.

Film animasi sendiri memiliki banyak jenis jika dilihat dari awal mula terbentuk hingga sekarang. Jenis-jenis film animasi yang dilihat dari teknologi dapat dijabarkan menjadi berbagai hal. Simak informasinya dibawah ini.


1. Animasi Clay

Animasi Clay atau seperti yang dilansir situs jasa desain company profile disebut juga dengan tanah liat atau juga disebut dengan film animasi stop motion adalah teknik film animasi paling sederhana yang dilakukan dengan cara memotret gerakan demi gerakan yang digerakkan satu demi satu sehingga objek terlihat bergerak. Teknik ini termasuk salah satu teknik yang paling mudah untuk dipraktekkan.

2. Animasi 2D

Animasi 2D adalah animasi dua dimensi. Pada animasi 2D, figur animasi tersebut dibuat dan diedit di komputer dengan menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics. Film animasi yang dihasilkan cenderung datar tanpa terlihat dimensi ekstra yang membuat sebuah gambar terlihat nyata. Beberapa contoh karya dari film animasi 2D adalah kartun-kartun seperti Tom and Jerry, Scooby Doo, hingga anime seperti Doraemon.

3. Animasi 3D

Animasi 3D adalah sebuah inovasi yang dihasilkan juga dari perkembangan tekhnologi dan komputer, sehingga membuat tampilan animasi menjadi lebih hidup dan nyata. Pembuatan sebuah fim animasi 3D dibuat lebih kompleks dari film animasi 2D karena didalamnya memuat berbagai efek seperti efek pencahayaan dan lapisan-lapisan layer.

Itulah beberapa jenis animasi berdasarkan teknologinya yang mungkin bisa menjadi salah satu informasi untuk Anda khususnya yang memang menyukai animasi sebagai sebuah profesi yang menyenangkan. Sebagai bagian dari sebuah desain grafis, animasi kinipun sudah semakin dikemas dengan semakin unik dan sudah berkembang menjadi profesi dengan sejuta prospek karir yang menjanjikan. Tertarik menekuninya?

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com