Selasa, 28 Februari 2017

Mengulas Bentuk Desain Awal Beberapa Karakter Disney


Kita tentu mengenal Disney, sebuah perusahaan karakter kartun dan animasi terpopuler di dunia yang sudah melahirkan banyak sekali karakter animasi menarik, mulai dari yang klasik seperti Mickey Mouse hingga yang modern seperti Woody dan Buzzlightyear dalam Toy Story.

Jika berbicara tentang Disney, kita pasti mengenal semua propertynya yang memiliki ciri khas, serta penggambaran luar biasa untuk anak-anak bahkan orang dewasa. Hampir semua karakter Disney disukai, terlebih karena desainnya sendiri yang digambarkan unik dan memiliki atribut tersendiri untuk ditampilkan dalam segi visual.



Dalam masa produksi karakter kartun Disney bahkan pada Pixar yang sudah diambil hak akuisisinya. para seniman konsep, pembuat storyboard, penyunting naskah dan pakar animasi bekerja bertahun-tahun untuk mendiskusikan rupa dan watak sebuah karakter, dan mereka berharap kita semua jatuh cinta kepada para tokoh itu.

Ya, memang itulah faktanya karena satu karakter saja membutuhkan jangka waktu persiapan yang tidak sebentar bahkan hingga bertahun-tahun. Kita ambil contoh dari hal yang simple saja, yaitu persiapan animasi Finding Dory yang membutuhkan waktu hampir 10 tahun agar bisa kembali dalam bentuk animasi di layar bioskop.

Begitu lamanya sebuah karakter dalam pengembangan bukan karena kerja yang setengah-setengah atau kehabisan ide, tetapi ini sudah menjadi ciri khas Disney dengan tidak terburu-buru dalam membisualisasikan sebuah karakter. Mereka memiliki prioritas bahwa satu karakter akan cukup dikenang jika dipersiapkan dengan matang.

Kembali ke persiapan karakter Disney dimana umumnya karakter kartun Disney biasanya tidak langsung jadi pada percobaan pertama. Benarkah? Oh ya, maka dari itu mari kita tengok seperti apa desain awal karakter-karakter Disney ini dan bagaimana hasil akhirnya. Berikut blog kami sajikan gambarnya :


Karakter Robin Hood dari film 1973. Dalam sketsa awal yang luar biasa karya animator Ken Anderson, Robin terlihat lebih imut dan muda dibandingkan dengan hasil akhirnya, berkat hidungnya yang lebih panjang dan tubuh yang dirancang berbeda.


Jin unik nan menawan yang disuarakan Robin Williams adalah hal terbaik dalam film “Aladdin”, tetapi konsep awal untuk karakter itu secara mengejutkan mirip dengan karakter jahat Jafar. Ini tentu bukan jenis karakter yang pas dijadikan teman Aladdin.


Gambaran awal Belle di “Beauty And The Beast” sangat berbeda, penampilannya lebih seksi daripada karakter pendiam dan pemalu yang terlihat di film.


Buzz Lightyear dan rambut kerennya yang akhirnya didesain kembali (Credit: Disney).


Rupa Mulan terlihat seperti laki-laki pada desain awal (Credit: Disney).

See, terdapat banyak sekali perbedaan sebelum dan sesudah pada beberapa karakter ini bukan. Ini mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Anda para desainer grafis maupun orang yang bergelut dalam jasa desain company profile agar bisa mempersiapkan grafis apapun yang akan dibuat selama tidak keluar dari konsep yang dimiliki. Semoga menginspirasi!

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com