Jumat, 20 Januari 2017

Kisah Inspiratif Yang Sukses Sebagai Seorang Graphic Web Designer Freelancer

Ini adalah sebuah kisah sukses seorang graphic/web designer freelance bernama Ramona. Mungkin ini bisa menginspirasi teman-teman sekalian yang sedang meniti karir sebagai seorang desainer grafis freelance. atau untuk Anda yang baru saja membuka usaha jasa desain logo, jasa desain companyprofile, jasa pembuatan company profile, dan lain lain.


Simak percakapannya dengan seorang wartawan ketika sedang mewawancarainya.

Bisakah ceritakan sedikit tentang dirimu?

Yap, saya seorang desainer grafis/web yang fokus membangun karir freelance saya di 5 tahun terakhir ini. Saya sekarang tinggal di Romania (tempat saya dilahirkan juga), saya udah menikah dan punya seorang putri berumur 9 bulan.

Kenapa kamu berpikir untuk menjadi seorang freelancer?

Saya terpaksa karena keadaan finansial saya yang begitu sulit di tahun 2009. Sebenarnya saya udah ngedesain web dan grafis itu sejak 12 tahun yang lalu, tapi hanya sekedar hobi. Saya menghabiskan waktu saya di dunia online, belajar dan menjalankan web site saya sendiri.

Setelah itu beberapa orang menyadari bakat desain saya dan meminta saya untuk mendesainkan website mereka, dari situ saya mulai menghasilkan uang. Awalnya ga nyangka ini bakal diseriusin, karena pada waktu itu saya udah kerja dan gada berpikir untuk menjalankan usaha freelance ini.

Kemudian, pada Juli 2009, karena sesuatu hal saya tidak bekerja lagi, dan saya ga tau mau kemana. Dan satu tahun sebelum ini terjadi, saya udah telanjur meminjam uang untuk membeli sebuah mobil yang cukup mahal, dan saya juga punya sebuah usaha. Jadi begitulah situasinya, saya di dalam masalah, mencoba mencari uang untuk membayar cicilan mobil, dan juga membayar pajak usaha saya, saya juga harus mencari makan, membeli perlengkapan hidup, dll.

Situasi pada saat itu begitu sulit, dan pada saat itulah saya berpikir untuk serius menjalankan bisnis kecil saya itu.

Jadi bagaimana awal dari bisnismu itu?

Seperti yang saya katakan tadi, keadaannya begitu sulit. Saya harus bekerja begitu keras untuk bayaran yang cukup kecil. Kemudian saya buat akun Elance dan coba lakuin yang aku bisa. Perlahan ranking saya disana mulai naik, saya menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan dapat feedback bintang 5 dari klien2 saya. Setelah beberapa bulan saya mulai bisa menaikkan tarif saya dan saya tidak lagi bekerja 16jam/hari.

Perlahan tapi pasti, reputasi saya mulai membaik dan saya berada pada halaman pertama hasil pencarian di kategori desain web, saat itu saya sangat terkejut karena faktanya ada ribuan freelancer di sana. Seperti yang kita duga, saya kebanjiran job, dapat 5-6 tawaran per hari, saya mulai memilih2 pekerjaan dan bisa bekerja untuk tarif harga yang lebih baik lagi.

Jadi apakah kamu udah berada di puncak kesuksesan seorang freelancer?

Bagi saya, menjalankan bisnis kecil saya dari rumah adalah hal TERBAIK yang pernah terjadi (setelah kelahiran anak saya :) ).

Dengan menjalankan bisnis kecil ini, saya bisa jalan-jalan kemanapun saya mau, saya terbebas dari hutang, terus membayar kebutuhan hidup saya, saya juga bisa mendukung bisnis suami saya. Ya, saya dan suami saya sekarang bekerja dari rumah dan semuanya baik-baik saja, dan saya merasa ini bakalan baik untuk hubungan kami ke depannya.

Sebutkan 3 hal yang paling kamu sukai dari freelancing / bisnis kecilmu ini!

1. BEBAS – Saya bisa mengatur waktu sesuka saya, berdasarkan deadline dan jadwal perencanaan keluarga. Saya bisa saya bekerja 3 hari penuh dan hari berikutnya saya liburan dengan putri kecil saya. Bebas, ini hal pertama yang saya suka.

2. UANG – Dahulu saya hanya mendapatkan bayaran (gaji) mungkin 2 kali dalam sebulan, karena saya bekerja sebagai seorang karyawan. Sekarang semuanya tampak lebih baik :)

3. NETWORKING – Saya bekerja dengan beberapa orang dari luar negari, kebanyakan dari mereka sangat baik dan mereka adalah pengusaha. Tentu saja ada beberapa diantara mereka yang lama dalam hal pembayaran, ada juga yang mencoba bermain ‘nakal’, tapi jumlahnya hanya sedikit lah. Kesimpulannya saya sangat menikmati ini semua, dan saya belajar banyak hal dari sini.

Sekarang sebutkan 3 hal yang tidak kamu sukai dari freelancing!

1. Saya tidak bisa sungguh-sungguh berhenti begitu saya. Ketika saya seorang karyawan, ketika saya berhenti bekerja, yaudah saya ga peduli lagi dengan perusahaan itu karena saya sudah berhenti. Sekarang itu tidak bisa berhenti, karena kita yang menjalankan usaha ini, saya adalah leader sekaligus pekerja di sini.

2. Seperti tadi yang udah saya singgung, di sini saya melakukan semuanya sendiri. Saya adalah leadernya, saya pekerjanya, saya yang harus mengatur keuangan, dll.
Penghasilan tidak tetap. Ketika kamu bekerja, ya kamu
3. berpenghasilan tidak tetap. Ketika kamu bekerja, ya kamu berpenghasilan.


Anda rencana untuk bisnismu ini kedepan?

Sekarang saya masih konsen ke bisnis kecil saya ini, dan ga punya rencana lebih jauh (seperti mempekerjakan orang, punya kantro, dll). Tapi saya mencoba meningkatkan penghasilan saya seperti menjual aset digital saya, dan mencoba menumbuhkan traffic website saya untuk menaikkan hasil periklanannya.

Mungkin ketika putri saya sudah beranjak besar, saya akan bangun sebuah desain studio di sini, tapi sekarang saya pilih untuk freelance saja karena dengan demikian saya mudah untuk mengatur waktu untuk mengurus anak saya.

Terakhir, pesan kamu untuk teman2 freelancer yang ada di luar sana…


Kerja KERAS! Jangan biarkan seorangpun bilang ke kamu kalau menghasilkan uang itu sangat susah. Itu salah, ada jutaan orang di dunia ini yang sedang menjalankan bisnis kecil mereka, dan mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka. Memang itu tidak mudah, tapi ‘mungkin’. Kuncinya adalah temukan bakatmu yang sebenarnya dan belajarlah bagaimana untuk menjual bakatmu itu.


0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com