Selasa, 17 Januari 2017

Istilah-Istilah Dalam Dunia Desain Grafis

Perlu untuk Anda ketahui bahwa dalam dunia desain grafis baik itu dalam 2 atau 3 dimensi, pasti mempunyai istilah dalam setiap pergerakannya. pada artikel kalini yaitu akan membahas tentang istilah-istilah dalam dunia desain grafis, karena hal ini akan mempermudah pergerakan kita dalam mendesain.



Web Offset adalah jenis mesin cetak untuk pembuatan Koran.

TET - kependekan dari Text Enhancement Technology, TET memudahkan dokumen hasil scan OCR lebih mudah dibaca dan walaupun dalam kondisi error.   juga berfungsi untuk menghilangkan background pada hasil scan sehingga teks mudah terlihat.


Video Editor : Desainer khusus untuk mengedit video atau film dan juga merangkap sebagai video shooter, harus memiliki imajinasi tinggi dan harus menguasai Adobe After Effects, 3d Maya, Adobe Premiere, Ulead Video Studio, Sony Vegas, Pinneacle. Sangat dibutuhkan di dunia perfilman dan industri musik

Visualisator adalah Desainer khusus untuk memberikan gambaran sebuah produk atau karya dalam bentuk real / 3d dan harus memiliki kemampuan otak kanan yang cukup tinggi serta harus menguasai 3d Max, Autocad, Swift 3d, Digital Clay. Sangat dibutuhkan di dunia visualisasi produk dan presentasi produk.

Screening adalah suatu metode diman reproduksi gambar dilakukan dengan besar titik yang sama namun jaraknya berbeda.

SPATIAL DIGITIZER adalah scanner komputer yang digunakan untuk memasukkan objek 3 dimensi agar dapat ditampilkan ke dalam komputer dalam bentuk digital.

Screen Printing adalah suatu teknik pencetakan saring yang menggunakan penyaring tinta. penyaring ini dinamakan screen atau penyaring.

Saturasi adalah intensitas suatu warna. digunakan untuk mengartikan kenampakan pada warna.

Subtractive Color adalah lawan dari addictive color. yaitu terdiri dari cyan, magenta, yellow yang dibentuk dari foto cat dan lain - lain.

Spot Color adalah suatu teknik mencetak dengan menggunakan warna secara satu persatu pada tinta. spot color biasa digunakan dalam pembuatan logo atau vektor.

Spectrophotometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur sifat suatu cahaya. cahaya akan dipantulkan atau diteuskan melaui spectrum warna lalu digunakan sebagai profil cetak printing.

Screen Angle adalah sudut pandangan dari suatu gambar raster.

Rossate adalah ketika 4 wara halftone screen ditempatkan secara bersama pada sudut raster kemudian menghasilkan bentuk.

PrintOut : Hasil cetak dari sebuah proses desain grafis

Progressive Proof adalah teknik cetak yang dilakukan dengan cara memanfaatkan alat cetak offset satu warna dan sering digunakan sebagai bukti sebelum dicetak.

RGB singkatan dari Red Green Blue merupakan warna dasar yang dibentuk oleh perpaduan warna merah, hijau dan biru warna ini biasanya digunakan untuk tampilan digital, website dll.

AAS - kependekan dari Auto Area Segmentation, AAS adalah teknologi OCR yang membantu membuat salinan scan yang jelan dan mudah dibaca. pada obrolan chat AAS didefinisikan sebagai sedang tersenyum atau merasa hidup.

Additive Color yaitu warna RGB. rgb sendiri adalah 3 jenis warna yaitu merah (red), hijau(green) dan biru (blue). warna putih akan tercipta ketika 3 warna ini tergabung manjadi satu.

Animator adalah Desainer khusus bekerja pada bidang motion graphic, iklan atau film fantasi. Harus memiliki daya tahan tinggi, pengetahuan yang cukup tinggi , pengalaman dan harus menguasai Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effects, 3d Maya, Gif Animator dan Corel Rave. Dibutuhkan di dunia advertising, perfilman, pertelevisian.


Background adalah latar belakang suatu objek.

Bitmap adalah gambar yang terdiri atas sekumpulan titik-titik pixel yang berdiri sendiridan memiliki warna sendiri dari unsur garis kurva.


Business Card Reader - sama seperti scanner yang sering digunakan. namun scanner ini memiliki fungsi khusus, dimana dapat membaca kalimat atau huruf yang di telah discan agar dapat di disalin kedalam komputer. dengan berjalannya waktu, sekarang sudah banyak orang yang bisa menggunakan smartphone mereka untuk membaca text pada objek yang discan.

Cast adalah warna yang tidak bisa dicari yakni suatu efek warna yang tidak diinginkan misalnya yellowish dan bluish.

Choke adalah cara yang digunakan untuk mengurangi ukuran gambar.di fungsikan agar menghasilkan hairline trap dan bisa jugan untuk menggaris bentuk.

CMYK adalah model warna yang tediri dari Cyan Magenta Yellow dan key. urutan warna ini banyak digunakan dalam alat cetak selain rgb.

Color Management System (CMS) adalah software yang berfungsi agar warna yang yang terdapat dalam desain kita bisa dicetak sama persis. software ini sangat berguna, karena kadang dengan printer berbeda hasilnya juga berbeda.

Collate adalah menyatukan bagian bagian yang terpisah pada lembaran buku agar lebih rapih untuk dicetak sampai proses jilid.

Color space : Jarak dari warna yang dijelaskan dengan model warna tertentu.

Coated paper adalah Kertas dengan lapisan yang memberikan penutup yang halus, yang berkisar antara seperti kulit telur ke mengkilat.

Cetak Gravure adalah suatu sistem mencetak yang tempat acuan cetanya menggunakan silinder.

Cetak Fleksografi adalah suatu teknik mencetak dengan mesin rotasi yang menggunakan tinta anilin.

Continous Tone adalah Gambar yang memiliki pengulangan nada yang sangat halus

Cetak Offset adalah suatu teknik mencetak yang sudah banyak digunakan. teknik ini menggunakan plat datar yang digunakan sebagai acuan cetak

Canvas adalah media atau alas tempat untuk menggambar dalam program grafis. Peranan canvas ini sangatlah penting, karena canvas akan dibutuhkan ketika kita menggambar/mendesain seperti kita yang sedang membuka jasa desain logo, jasadesain company profil, jasa pembuatan company profil, dan masih banyak jasa-jasa yang lainnya, yang sudah pasti akan menggunakan canvas untuk mendesainnya

Convert adalah mengubah dari format satu ke format yang lain

Crop adalah memotong atau mengurangi ukuran gambar sesuai kebutuhan

Complementary colors : Warna-warna yang berbeda atau saling berlawanan pada roda warna.

Composition adalah proses untuk mengatur suatu komponen penting pada gambar. sentuhan pada suatu desain untuk membuatnya lebih teratur.

Condensed type adalah hasil dari desain tipografi yang memiliki bentuk kurus dan sempit.

Continuous tone : gambar yang memiliki tingaka degradasi warna yang sangat halus.

Contrast perbedaan warna pada suatu gambar dari highlight ke shadow atau gelap.

Copy adalah duplikat atau menyalin suatu benda. tanpa merusak benda aslinya.

Copy-ready adalah istlah yang duginakan untuk menggambarkan bahwa suatu objek siap untuk di duplikat

Crop adalah mengurangi ukuran suatu gambar.

Cursor adalah pengganti fungsi tangan kita didalam suatu komputer.

Duotone adalah proses mencampuran 2 warna, secara umum hanya terdiri dari campuran warna hitam dan warna khusus khusus lainnya.

Digital Printing adalah suatu teknologi untuk mencetak dari bahan digital. digital printing juga terbagi menjadi 3 : wide format , large format premium, offset.

Delta E adalah total perbedaan nilai dua jangkuan warna dalam CIELAB FM

Desain adalah kerangka bentuk; rancangan

Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

Display adalah hardware yang menyajikan hasil keluaran komputer dalam bentuk visual

Drafter adalah seorang desainer yang memiliki fungsi untuk merealisasikan hasil rancangan sesuatu. drafter ini lebih mengarah ke orang yang menggambar. contohnya seperti desainer yang juga langsung merealisasikan logo, banner dan lain lain.

Editor adalah Desainer khusus untuk membuat kover, sampul, banner, dsb. Dan juga membuat karya karya desain grafis misalnya: brosur, kartu nama, pin, logo, poster, dsb. Yang memerlukan sentuhan pandangan dan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw,Adobe Photoshop,Freehand,Illustrator. Sangat dibutuhkan di dunia periklanan dan publikasi.

Fotografer : Desainer yang dikhususkan selain melakukan pengeditan foto juga dapat menjadi fotografer. seorang fotografer dituntut untuk menguasai teknik engeditan foto menggunakan photoshop agar hasil potret bisa menjadi lebih menarik lagi.

Gamut Warna adalah keterbatasan warna yang bisa dihasilkan suatu benda.

Grafis adalah kombinasi dari titik-titik yang nantinya menghasilkan bentuk visual tertentu. Terbagi dua yaitu grafis vektor dan bitmap

Grayscale adalah suatu istilah untuk menyebutkan satu citra yang memiliki warna abu-abu, hitam, dan putih

Grid adalah garis bantu dalam form yang berfungsi sebagai pemandu dalam mengatur posisi dan ukuran

Group adalah pembangunan beberapa objek menjadi sebuah grup yang dapat di modifikasi secara bersamaan

Guidelines adalah garis bantu pada ruler yang digunakan untuk pemandu dalam pembuatan objek.

High key adalah gambar atau foto yang memiliki tingkat kecerahan warna yang tinggi. biasanya sering digunakan untuk membuat foto menjadi lebih ceria,

Hue adalah warna yang terdiri dari merah, hijau, biru, magenta,cyan, kuning dan lain-lain. bisa juga dikatakan, warna selain puti dan hitam.

Halftone adalah teknik yang membuat suatu gambar menjadi bentuk titik - titik, namun masih bisa mengenali objek.

ICC profile adalah karakteristik suatu data dari setiap peralatan.

Integrated Desainer adalah Desainer khusus yang membutuhkan integrasi dengan programmer misalnya pembuatan game, cd interaktif, web desain, dsb. Desainer harus menguasai hampir semua elemen desain. Sangat dibutuhkan di industri informatika.

Import adalah mengambil file atau objek dari progam satu ke progam lain yang formatnya berbeda.

Kokarde adalah Tanda pengenal berbentuk pita ataupun bunga yang di lekatkan pada baju - bisa terbuat dari kertas maupun map dsb. biasa digunakan sebagai perlengkapan panitia, sama fungsinya dengan id card.

Layouter : Desainer khusus untuk membuat tatanan layout sebuah majalah atau koran atau publikasi yang lainya dan diharuskan mempunyai feel untuk tata letak agar enak dilihat. Sedangkan aplikasi yang harus dikuasai adalah Adobe Page Maker, MS.Publisher, Adobe In Design. Sangat dibutuhkan dipercetakan dan industri koran/buku/majalah

Low Keys adalah gambar yang memiliki tingkat buran atau gelap pada warna. lawan dari high key.

OCR - kependekan dari Optical Characther Recognition atau Optical Characther Reader, OCR adalah Proses pengambilan data berupa gambar huruf atau beberapa teks yang kemudian di konversi kedalam bentuk digital agar komputer dapat membacanya.
Contohnya, mengambil gambar atau foto pada sebuah buku atau majalah dan mengkonversi setiap kalimat yang ada pada buku tersebut  ke dalam komputer agar bisa di daur ulang menggunakan sistem OCR.
Saat ini OCR termasuk alat digitalisasi terbaik dalam konversi sebuah salinan paragraf dari gambar atau foto ke dalam komputer. Mmetode yang digunakan melalui beberapa perangkat keras seperti Alat Scan, Kamera dan diteruskan ke dalam komputer agar untuk di improvisasi di aplikasi seperti Ms word.

OPTICAL READER - alat atau perangkat yang dapat kita temukan pada setiap scanner, fungsinya untuk menangkap informasi yang ada pada sebuah kertas dan meneruskan ke dalam bentuk gambar digital agar dapat dibaca oleh komputer



Namun semakin berkembangnya zaman ini maka semakin canggih juga tool-tool yang ada pada software-software yang terupdate seperti contohnya pada produk Adobe yang familiar seperti photoshop dan illustrator yang terus update pada setiap periodenya, dan penulis rasa istilah-istilah diatas belum begitu lengkap maka dari itu penulis berharap dan mempersilahkan bagi sobat yang ingin menambahkan istilah-istilah diatas.   


0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com