Rabu, 18 Januari 2017

Berkarir Dalam Dunia Desain

Pekerjaan dalam bidang desain grafis sekarang tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Semakin berkembangnya dunia desain, khususnya desain grafis tidak menutup kemungkinan berkarir dalam dunia desain bisa menjadi prospek yang menjanjikan. Contohnya para desainer yang memulai karirnya didunia desain dengan membuka jasa desain grafis, seperti jasa desain logo, jasa desain dompany profile, jasa pembuatan company profile, dan lain ain. yang ternyata mereka bisa terbilang sukses, meski Cara meraihnya pun tidak mudah, menjadi seorang desainer grafis profesional memerlukan beberapa tahun pendidikan formal, termasuk pengembangan pemasaran dan keterampilan teknologi. karena Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelumnya.Berikut beberapa panduan untuk memulai termasuk bidang pendidikan, informasi gaji di Indonesia dan banyak lagi.

1. Gaji dan Prospek Karir Desainer Grafis

Menjadikan pekerjaan desainer grafis sebagai sebuah karir tentu juga harus diimbangi dengan fee yang sepadan.  Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja di Indonesia, Junior Desainer fresh graduate mendapatkan sekitar  Rp 3.5 juta  – 5 Juta; senior desainer dengan pengalaman 1-2 tahun bisa mendapatkan Rp 5 – 8 juta; sedangkan untuk tingkatan yang lebih tinggi seperti chief desainer dan creative director bisa mencapai lebih dari Rp 10 juta per bulannya. Gaji di atas berlaku bagi para desainer yang bergabung dengan perusahaan penyedia jasa desain.

2. Membuat Portofolio

Ketika Anda sudah menyelesaikan sarjana desain, aset terbesar untuk berkarir lebih lanjut adalah dengan memiliki portofolio memuaskan dan mulai mencari pekerjaan, aset terbesar Anda akan menjadi portofolio profesional. Portofolio berguna untuk menunjukkan atau memamerkan karya karya desain yang telah dibuat. Bisa berbentuk cetak maupun online. Meskipun sudah banyak cara dalam penyajian portofolio, masih banyak para desainer yang memilih cara tradisional, yaitu dengan cara mencetaknya sebagus dan semenarik mungkin. Portofolio sebaiknya fokus pada kualitas bukan kuantitas.

3. Sekolah Online Desain Grafis

Dengan semakin berkembangnya dunia maya, sekarang sudah banyak program pendidikan online yang menawarkan sekolah desain. Sangat cocok bagi Anda yang mempunyai hobi desain grafis tetapi terlalu sibuk untuk mendaftar sekolah desain. Dengan begitu, Anda bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Materi yang ditawarkan tidak kalah menariknya dengan materi yang diajarkan di sekolah desain, hanya saja sekolah online ini tidak fokus terhadap gelar, dan lebih berfokus pada mengasah kemampuan mendesain Anda.

4. Bergelar Sarjana Desain Grafis

Sebuah sertifikat akan membantu Anda untuk berkarir dalam dunia desain grafis. Sudah banyak sekolah tinggi desain yang ada di Indonesia. Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung, Desain Komunikasi Visual Universitas Bina Nusantara, dan Fakultas seni rupa dan Universitas Trisakti adalah sebagian dari sekolah desain yang sudah diakui kualitasnya. Selain mendapatkan sertifikat, Anda juga akan menambah koneksi dengan sesama teman desainer yang akan menguntungkan nantinya. Beberapa jurusan desain grafis yang populer diantaranya ilustrasi, web design, dan desain kemasan.

5. Selalu Penuh Kreatifitas dan Ide Segar

Berkecimpung dalam dunia grafis tidak akan jauh jauh dari ide-ide inspiratif dan kreatif yang kemudian dituangkan dalam iklan, brosur, dan materi pemasaran lainnya. Jadi seorang desainer grafis harus benar benar kreatif dan selalu bisa memenuhi permintaan konsumen. Beberapa desainer grafis bekerja untuk perusahaan dan beberapa bekerja sebagai wiraswasta atau pekerja lepas. Keahlian yang di atas rata rata tentu saja juga dibutuhkan untuk menghadapi permintaan konsumen yang bermacam macam. Mengenal teori dasar bidang desain grafis sangat penting seperti tipografi, web desain, pengemasan, logo dan lain lain.











0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com