Senin, 03 April 2017

4 Penyebab Website Bisa Terkena Hack


Kita semua pasti familiar dengan yang namanya hack. Kejadian ini paling sering dialami oleh sebuah website dimana para hacker meretas website mereka secara keseluruhan. Dengan adanya hack ini, kita seakan diperlihatkan bahwa tidak ada satupun sistem buatan manusia yang aman di dunia ini, termasuk content management system (CMS) yang paling ngetop didunia sekalipun seperti WordPress.



Pasti saja ada celah jika ingin dicari-cari. Sang programmer atau pemilik website boleh saja merasa websitenya sudah dibuat dengan sangat aman, namum orang lain terutama sang hacker memiliki cara pandang serta kemampuan yang mungkin saja berbeda sehingga bisa melihat dan menemukan celah keamanan sistem website tersebut.

Lalu, apa penyebab website terkena hack?
Ada beberapa hal yang bisa membuat sebuah website khususnya yang menggunakan engine wordpress terkena serangan hacker. Berikut kami informasikan beberapa penyebabnya.

Hosting

Penyebab website terkena serangan yang paling utama adalah karena hosting yang digunakan tidak terlalu bagus. Sang pemilik website mungkin sudah membuat websitenya dengan sangat hati-hati, namun semua itu tidak ada artinya dalam hal keamanan jika ternyata hostingnya lemah.

Website yang ditaruh di shared hosting akan memiliki kemungkinan lebih besar terkena serangan hack, karena dalam shared hosting tersebut biasanya terdapat banyak sekali website-website lain yang sistem keamanannya bisa saja sangat lemah sehingga celah pada website lain tersebut bisa menjadi pintu masuk sanga hacker.

ja
Password Lemah

Hal selanjutnya yang bisa menyebabkan sebuah website wordpress diserang oleh hacker adalah penggunaan password yang lemah. Ada sekitar 8% website wordpress terkena hack disebabkan karena adminnya menggunakan password yang lemah.

Gunakan password yang sulit ditebak namun tidak menyulitkan Anda, sebaiknya gunakan gabungan antara huruf, angka, karakter, dan huruf kapital untuk password Anda jika memungkinkan. Jangan gunakan tanggal lahir, nama, tempat lahir atau hal-hal lain yang bisa ditebak oleh orang lain termasuk orang terdekat Anda.

Plugin

Faktor selanjutnya yang menyebabkan website WordPress terkena ujian dari hacker adalah plugin yang digunakan. Tercatat website yang terkena serangan disebabkan oleh plugin sebesar 22%. Penyebabnya tentu karena menggunakan plugin sembarangan, ilegal atau plugin yang didownload dari website yang tidak kredibel.

Berhati-hatilah dalam menggunakan plugin, gunakanlah plugin yang benar-benar Anda perlukan saja, jangan sampai banyak plugin yang tidak terpakai namun numpuk diwebsite Anda, sebaiknya yang tidak terpakai tersebut dihapus saja.

Themes

Penyebab terakhir yang bisa menyebabkan sebuah website terkena serangan adalah themes. Tidak semua theme WordPress yang ada di internet aman untuk digunakan, apalagi jika theme yang Anda gunakan adalah theme gratisan, atau bahkan theme ilegal yang Anda download dari sembarangan website.

Dilansir situs jasa web profile, persentase website terkena serangan yang disebabkan oleh themes yang digunakan adalah sebesar 29%, jadi berhati-hatilah dalam memilih theme, jangan gunakan sembarangan theme, apalagi theme yang ilegal, karena itu bisa membahayakan website Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com