Rabu, 19 April 2017

Kesalahan Terbesar Sebuah Desain dalam Branding


Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat oleh pemilik bisnis dan desainer berpengalaman adalah upaya untuk membangun merek dalam ruang hampa. Ini mungkin tampak agak aneh, tapi ini menjadi sesuatu yang harus dievaluasi, karena fokus mereka hanya pada penampilan visual saja.



Hal ini tentu berhubungan erat dengan desain grafis. Meskipun kehadiran desain grafis sangat penting untuk bisnis terlebih dalam membangun merek, namun jika terlalu fokus hanya pada satu titik saja, brand hanya akan terlihat tidak sempurna dan menjadi hal yang mubajir ketika brand diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Desain grafis kini telah menjadi sesuatu yang tidak lagi mewakili pekerjaan kita. Ini telah diadopsi oleh penggemar desain, seniman grafis, mahasiswa dan hampir semua orang yang mempunyai hobi desain. Kemampuan untuk mendesain saja tidaklah cukup untuk menciptakan corporate design yang baik, meskipun corporate design  juga membutuhkan dasar yang kuat dalam desain grafis.


Manakah yang Lebih Penting, Graphic Design Atau Corporate Design?

Desain adalah komunikasi. Corporate design merupakan solusi strategis untuk masalah komunikasi bisnis. Hal ini tentu memerlukan pemahaman kerja organisasi, pemahaman konsumen secara psikologi, branding, copywriting, positioning, pemasaran dan desain grafis merupakan komponen-komponen yang perlu dikuasai dalam corporate design.

Nike swoosh, adalah contoh penerapan corporate design yang dihasilkan dari sebuah proses branding yang panjang, tanpa semua upaya branding yang mendukung, maka “image” yang dibangun melalui Nike Swoosh akan menjadi tidak berarti. Nike telah melakukan pekerjaan yang sangat baik selama masa pakainya dalam menciptakan merek yang super, mereka langsung dikenali di seluruh dunia. Materi visual yang sangat penting telah dicontohkan Nike untuk kita semua. Tidak peduli seberapa briliannya desain sebuah logo, karena hal tersebut tidak akan mampu mempertahankan merek tanpa dukungan konten-konten brand yang konsisten dan relevan.

Oleh karena itu, pemilik bisnis perlu menterjemahkan konten brand yang disampaikan melalui identitas visual yang akan mereka bangun. Merek yang kuat akan berhasil, apabila merek tersebut mampu menyampaikan pesan visual kepada audiens, bahwa mereka adalah satu-satunya solusi yang harus dipilih.

Komunikasi Branding Akan Mendifinisikan Siapa Diri Anda

Dilansir situs jasa web profile, melalui branding, kita bisa membentuk kepribadian, mengatur nada dan menciptakan sebuah harapan. Ketika berbicara secara pribadi, kata-kata kita diberi konteks melalui bahasa tubuh kita, mimik wajah, perawatan pribadi, dan penampilan fisik. Konsistensi antara keduanya adalah kunci.

Tersirat, kata-kata yang Anda pilih harus memproyeksikan identitas verbal yang jelas, mencerminkan siapa Anda dan siapa Anda berusaha untuk menjadi. Jumlah apa yang Anda kenakan dan apa yang Anda katakan mewakili apa yang Anda perjuangkan, dan janji apa yang akan Anda berikan? Baca juga 5 Alasan Perusahaan Meredesain Logonya

Ketika konsumen potensial mengunjungi website Anda, maka buatlah kesan pertama untuk konsumen potensial tersebut. Tampakkan kesan positif dari desain website yang mampu menyapa konsumen Anda, gunakan kata-kata yang ramah untuk menanyakan apa yang dibutuhkan konsumen dari Anda?

Jika desain visual dan pesan verbal tersebut efektif, maka giliran konsumen yang ingin mendengar lebih banyak tentang apa yang Anda katakan. Ketika Anda melakukan buka mulut, pastikan kata-kata yang keluar keduanya menarik dan konsisten dengan apa yang mereka harapkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com