Rabu, 19 April 2017

Mari Kita Mengetahui Peran dan Tugas Seorang Desainer Grafis


Tidak bisa dipungkiri jika kini profesi sebagai seorang desainer sudah sangat diminati bahkan tidak jarang memiliki tingkatan karir cemerlang seiring dengan bertumbuhnya ekonomi dan kebutuhan setiap orang akan jasa desain grafis pada brand mereka.

Selain untuk menyalurkan hobi dan bakat, profesi desainer juga dilatar belakangi oleh cita rasa seni yang cukup tinggi. Banyak juga yang mengatakan bahwa pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar, mungkin inilah filosofi yang selalu ditanamkan di hati seorang Desainer.



Pastinya setiap desainer grafis mulai dari mereka yang berkutat pada grafis maupun penyedia jasa web profile ingin menciptakan karya terbaik yang mampu memberi solusi visual bagi para kliennya. Karya desain yang dihasilkan oleh desainer merupakan perpaduan antara ekspresi visual (seni rupa) dan verbal (bahasa) yang bertujuan menginformasikan, membujuk, dan menjual suatu produk atau jasa. Namun secara umum, apa sih tugas dan peranan desainer grafis itu sendiri?

Ada dua  tugas penting seorang desainer, yaitu Menyampaikan pesan atau informasi kepada audiens secara jelas dan menciptakan desain yang menarik dan mengesankan sehingga informasi yang disampaikan dapat menimbulkan hasrat atau membujuk target audiens.


Desainer memiliki dua peran sekaligus, yakni sebagai senirupawan dan komunikator. Sebagai pekerja seni, ia berhubungan erat dengan masalah keindahan (estetika), seperti pemilihan warna, ilustrasi, tipografi, dan layout. Sementara itu sebagai komunikator, ia mempunyai tugas memvisualkan pesan-pesan verbal sejelas mungkin agar dapat ditangkap oleh audiens secara mudah dan menyenangkan.

Tujuan utama membuat karya visual tentu bukan semata-mata mengekspresikan seni sebagaimana seorang pelukis, melainkan menyampaikan pesan dan menciptakan sajian visual yang komunikatif dan mampu mengunggah hasrat (exciting). Dalam upaya menangkap perhatian dan membujuk audiens, desainer perlu menyusun teks, gambar, ilustrasi, foto, logo, slogan, dan unsur-unsur desain lainnya dalam satu desain yang komunikatif, estetis, dan harmonis.

Dengan demikian, seorang desainer perlu memahami elemen-elemen desain dan juga prinsip-prinsip desain sebagai fundamental. Lebih dari itu, desainer dituntut tanggap terhadap perkembangan sosial, terutama menyangkut gaya hidup berbagai segmen masyarakat yang sangat dinamis dan heterogen.


Untuk rincian jelasnya, berikut kami informasikan tugas seorang desainer grafis secara garis besarnya.

1. Membuat desain yang sempurna dengan memasukan unsur seni, visual dan bahasa

2. Menyampaikan pesan pemasaran jasa atau produk perusahaan, kepada audiens dengan cara yang unik dan kreatif

3. Memposisikan diri sebagai pemberi solusi dalam masalah komunikasi dengan menciptakan karya visual yang komunikatif

4. Menciptakan desain yang informatif dan persuasive agar bisa bisa menyentuh sisi psikis audiens untuk melihat, merasakan dan membeli produk yang diiklankan

5. Selalu mengembangkan ide-ide kreatif dan memiliki inovasi baru dalam menciptakan karya desain yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Mungkin, itulah garus besar tugas dan peranan desainer grafis. Setelah Anda mengetahui tugasnya secara garis besar, maka jangan menyepelekan seorang desainer grafis karena bagaimanapun mereka berperan penting khususnya dalam menyampaikan sebuah pesan serta informasi dalam sebuah grafis.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com