Rabu, 19 April 2017

Pentingnya Kreativitas dalam Merancang Pesan Iklan


Dalam periklanan, tugas utama dibuatnya media tersebut adalah untuk menyampaikan pesan kepada setiap orang yang melihatnya. Namun, apakah semua iklan tersebut bisa menyampaikan pesan? tidak juga, terlebih iklan yang dibuat dengan desain yang asal-asalan hanya akan membuat iklan tersebut tidak bermakna.



Keberhasilan suatu iklan juga ditentukan oleh kualitas pesan yang dikirimkan oleh komunikator (perusahaan) ke komunikan (konsumen). Pesan adalah seribu gambar tentang komunikasi periklanan. Pesan iklan harus mengandung informasi yang spesifik dimana pesan iklan tersebut harus menarik perhatian dan mudah diingat.

Lantas, bagaimanakah bentuk pesan iklan yang baik itu? Well, pesan iklan yang baik adalah pesan yang berkaitan dengan asosiasi indra (visual), konteks emosional (cinta, kebahagiaan, keadilan), asosiasi yang intens, kebutuhan untuk bertahan hidup, hal-hal yang memiliki keutamaan pribadi, hal-hal yang diulang-ulang, dan hal-hal yang pertama dan terakhir.


Dibalik itu semua, strategi merancang pesan yang sukses membutuhkan strategi kreatif karena tidak sedikit pesan dalam sebuah iklan tidak tersampaikan hanya karena strategi di dalamnya tidak diterapkan dengan baik. Menciptakan ide yang orisinil tidaklah mudah bahkan merancang strategi pun dirasa demikian. Karena itu perlu adanya beberapa teknik menciptakan ide, yaitu penyesuaian, pembesaran, pengecilan, pembalikan, penggantian, perubahan, pengaturan kembali, dan perpaduan.

Dialnsir situs jasa web profile, kreativitas dalam periklanan akan membantu Anda dalam dalam memberi informasi, membujuk, mengingatkan, meningkatkan nilai, dan dapat meledakkan periklanan. Pembentukan pesan tentang produk pada prinsipnya manfaat utama yang ditawarkan merek sebagai pengembangan konsep produk. Pesan iklan harus dapat disampaikan secara kreatif, bahkan kreativitas ini lebih penting daripada jumlah uang yang dikeluarkan.

Jika Anda memang tertarik membuat iklan dengan pesan yang maksimal di dalamnya, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, dalam merancang pesan pada periklanan.

- Pesan merupakan apa yang akan dikomunikasikan. Pesan dalam iklan harus bersifat spesifik  yang mengkomunikasikan titik penjualan, keunggulan produk, keunggulan pelayanan, bahan-bahan dari produk, dan sebagainya.

- Target sasaran adalah pembaca atau penonton yang dibidik dengan pesan tersebut secara langsung. Mendefinisikan target sasaran membantu Anda memahami siapa yang sedang Anda hadapi. Desainer harus mempertimbangkan referensi kolektif, cita rasa, dan pendapatan target sasaran.

- Format merupakan permukaan tempat kata dirancang yang merupakan media pesan anda. Bentuk kata merupakan bagian dari gaya atau bentuk masing-masing huruf secara individu dari Alfabet.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com