Senin, 03 April 2017

Freelance atau Pekerja Lepas, Kenali Siapa Mereka Ini


Kita semua pasti familiar dengan freelance atau pekerja lepas. Saat ini, survei membuktikan jika banyak diantara kita semua yang menjalankan profesi ini pada beberapa bidang khususnya desainer grafis. Tidak heran jika freelance banyak dipilih karena efisien dan Anda bisa mengatur waktu kerja sesuai dengan keinginan diri sendiri.



Bekerja sebagai freelance semakin populer saat ini karena semua tugas bisa dikerjakan dari rumah, tanpa macet, cukup pakai celana kolor, bermodal koneksi internet dan skill mumpuni, namun penghasilan lumayan bahkan bisa lebih dibandingkan dengan pekerja kantoran.

Freelance adalah bekerja sacara lepas tanpa ikatan kontrak dengan perusahaan tertentu, orang yang bekerja freelance disebut dengan freelancer, atau ada juga yang menyebut sebagai pekerja lepas. Mereka bekerja secara mandiri, tidak terikat perjanjian jangka panjang dengan satu perusahaan atau pada pemberi pekerjaan tertentu.

Situs jasa web profile yaitu skystardigital.com mengutip sedikit informasi tentang freelance atau pekerja lepas dimana dalam  bentuk bahasa Inggrisnya, “freelance“, istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Sir Walter Scott (1771-1832) dari Britania Raya dalam novelnya “Ivanhoe” untuk menggambarkan seorang “tentara bayaran abad pertengahan” atau metafora untuk sebuah “tombak yang bebas” (“free-lance“) (menunjukkan bahwa tombak tidak disumpah untuk melayani majikan apapun, bukan bahwa tombak (tersedia gratis).


Pekerja freelance bisa mengerjakan pekerjaan dari manapun dan kapanpun dia mau, bahkan sambil liburan pun bisa, yang penting adalah pekerjaan tersebut bisa selesai dengan baik dan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sesuai perjanjian dengan klien.

Karena fleksibilitas waktu tersebut, tidak aneh jika terkadang pekerjaan freelance ini disambi dengan pekerjaan utama. Walaupun ada juga sebagian orang yang menjadi freelancer full time, yaitu mereka yang menjadikan freelance sebagai pekerjaan utamanya.

Pekerjaan yang bisa dilakukan secara freelance ada banyak, bukan hanya yang berkaitan dengan jasa IT atau desain seperti jasa pembuatan web, aplikasi ataupun logo, namun juga ada dari bidang lain, seperti penulis, model, penerjemah, guru private dan lain sebagainya.

Praktek tenaga lepas sangat bervariasi. Ada beberapa memerlukan klien mereka untuk menandatangani kontrak tertulis, sedangkan yang lain dapat melakukan pekerjaan berdasarkan perjanjian lisan, yang mungkin dilaksanakan melalui sifat pekerjaan tersebut. Beberapa pekerja lepas dapat memberikan perkiraan tertulis dari hasil kerja mereka dan meminta pembayaran di muka dari klien mereka.

Untuk penghasilan, orang yang bekerja secara freelance bisa mendapatkan penghasilan yang setera bahkan banyak juga yang lebih besar dibandingkan dengan pekerja kantoran, ditambah lagi dengan kemudahan karena tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor. Pembayaran untuk pekerjaan lepas juga bervariasi. Pekerja lepas mungkin mengenakan biaya pada klien mereka dalam hitungan per hari, per jam, per halaman, atau pada basis per-proyek. Dengan keuntungan inilah, tidak heran freelance semakin diminati hingga saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com