Rabu, 19 April 2017

Tips Mencuri Ide Kreatif Untuk Membangun Bisnis


Ide itu kreativitas. Nggak Percaya? Coba kembangkan ide tanpa kreativitas, pasti hasilnya Nol besar. Ide itu bahan baku, kreativitas itu cara memasak! Maka tanpa kreativitas, ide menjadi sekedar bahan baku yang mati.



Apa yang bisa dilakukan oleh sebuah ide? banyak, salah satunya seperti yang dilansir situs jasa company profile adalah membangun bisnis kreatif dimana ide bisa dikelola agar karya yang dihasilkan oleh sebuah ide tersebut hasilnya bisa maksimal. Membangun bisnis kreatif bisa dimulai dengan cara mencuri ide dari orang-orang yang pernah sukses sebelumnya. Mencuri itu bahasa asingnya STEAL. Biar terlihat agak keren, STEAL adalah singkatan dari : Sold, Tactical, Enlighten, ashtonish, lovely.

Berikut ini kami akan menjelaskan secara rinci terkait makna yang tersimpan di dalam kata STEAL tersebut.


Sold : Artinya terjual atau laku

Syarat dasar sebuah iklan memang bisa menjual. Agency bisa menjual idenya ke klien, Klien bisa menjual produknya ke konsumen. David Ogilvy bilang : If It doesn’t sell, it is not advertising. Saya setuju, tapi fungsi iklan untuk menjual tentu bukan segalanya. Setelah bisa menjual, lalu apa? Pendapat lain mengatakan bahwa If It Just sells, it doesn’t need advertising.

Tactical : Strategi

Tanpa strategi promosi yang dipersiapkan dengan matang, iklan seperti peluru yang terhambur dari senapan mesin yang memberondong ke segala arah. Meskipun terlihat gemuruh dan heroik, tapi biayanya mahal dan sia-sia. Strategi akan mengarahkan iklan di tiap media seperti pemanah melesatkan anak panahnya ke titik merah di pusat bulatan dan menancap sempurna. Tak banyak menghabiskan budget tapi super efektif untuk menancapkan pesan di benak audiens.

Enlighten : Pencerahan

Di tengah hidup keseharian yang begini sumpek dengan makin banyaknya persolan dan bencana, audines tak lagi jernih berfikirnya. Maunya marah, terburu-buru dan menyalahkan kondisi yang ada. Iklan yang menawarkan pencerahan dan hal-hal positif akan mengobati dahaga khalayak, sehingga justru menjadi pusat perhatian. Ketika makin banyak iklan mengumbar janji dan pesan berlebihan, justru menuai masalah, iklan yang mencerahkan mempunyai tingkat efektifitas yang luar biasa.

Ashtonish : Mengejutkan

Masyarakat sedang tak punya banyak waktu membaca surat kabar atau majalah, tak punya kesempatan cukup untuk melihat dan memahami iklan-iklan yang ditayangkan di dalamnya. Apalagi jika iklan yang muncul begitu egois dengan pesan panjang dan visualnya begitu-begitu saja. Jadi kita perlu mengejutkan pembaca. Membuat mereka menghentikan aktivitas speed reading-nya dan tertegun melihat iklan kita. Dan ketika waktu berhenti, itulah bukti keberhasilan efek kejutan iklan kita.

Loveli : Disukai atau Dicintai

Jika audiens merasa iklan tertentu ‘gue banget’ sebagai akibat pemahaman consumer insight yang tepat, maka audiens-pun dengan sukarela akan menyayangi brand yang diiklankan, atau bahkan mengoleksi iklannya. Pengen ketemu kreatornya untuk foto bareng dan minta tanda tangan.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com