Selasa, 21 Maret 2017

4 Cara Agar Kreativitas Tidak Buntu


Daya cipta atau kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada. Kreativitas adalah salah satu hal yang menarik dalam desain grafis, karena tanpa elemen ini, semua desainer tidak mampu berimajinasi dalam membuat grafis yang diinginkan.



Memang benar kalau salah satu alasan asyiknya hidup sebagai pekerja kreatif seperti desainer adalah kita dibayar untuk menjadi kreatif. Hidup Anda yang selalu kreatif tidak akan menjadi begitu berwarna kalau tidak pernah merasa kehabisan ide. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan kalau sedang dilanda krisis kreativitas? cara-cara dibawah ini mungkin bisa menjadi informasi penting untuk Anda.

1. Doodling First

Biarkan otak Anda mengambil rehat sejenak dari lelahnya proses brainstorming dan mulailah mencorat-coret tentang hal pertama yang muncul di kepala Anda. Kegiatan ini lebih cenderung pada sekedar menumpahkan apapun yang Anda pikirkan atau rasakan, jadi janganlah memaksa agar ide kompleks bisa muncul dari sini.

Ada baiknya jika Anda melakukan hal ini di tahap awal pengerjaan proyek Anda karena tekanan yang Anda alami belum terlalu berat dan langkah yang Anda ambil belum terlalu jauh. Juga, proses kreatif seperti ini juga dipercaya akan lebih maksimal jika Anda lakukan di luar kantor dan jauh dari meja kerja Anda.


2. Rajin Berinternet

Internet sesungguhnya sangat memudahkan kehidupan desainer grafis, oleh karena itu bersungguh-sungguhlah dalam memaksimalkan media ini. Caranya sederhana saja, misalnya dengan memanfaatkan situs penyedia referensi materi dan ide kreatif, seperti Pinterest, atau menyerap informasi, tips dan trik, dan acuan soal desain website jasa desain grafis, Skystar Digital.

3. Alihkan Perhatian

Memang hal ini terdengar agak aneh, tetapi Anda perlu melakukan hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari proses pengerjaan proyek sejenak. Seperti yang sama-sama kita ketahui, otak kita, seperti organ tubuh lainnya, juga perlu istirahat. Jadi, janganlah memeras otak Anda terus menerus karena ketika sudah lelah, kemampuan Anda yang sesungguhnya tak akan terlihat.

Ambil istirahat sebentar dan lakukan kegiatan yang biasa Anda lakukan dan cenderung monoton, seperti menonton televisi, mengobrol dengan teman atau membaca buku.

4. 'Hadiahi' Diri Sendiri

Pernah melihat pertunjukan hewan di taman atau konservasi satwa? Ketika seekor gajah berhasil melakukan atraksinya dengan baik dan mendapat riuh tepuk tangan dari para hadirin, sang pawang sering menghadiahkan makanan kecil sebagai bentuk apresiasi.

Nah, metode seperti ini bisa Anda masukkan sebagai to-do-list ketika hidup sebagai organisme kreatif. Setelah berhasil mendesain dengan apik dan melewati creativity blocks yang menghadang Anda, hadiahkan sesuatu atau kegiatan yang menyenangkan bagi Anda, seperti bermain game, makan es krim, dan sebagainya.


See, banyak cara bukan agar tidak merasa buntu dalam hal kreativitas. Dari jutaan cara untuk menghindari jalan anti buntu kreativitas, apa metode yang biasa Anda lakukan dan paling efektif?

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com