Rabu, 15 Maret 2017

Mari Mengenal Apa Itu Growth Hacking


Cara meningkatkan keuntungan/ROI dari sebuah situs bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan melakukan growth hacking. Apakah Anda pernah mendengar istilah growth hacking atau growth hack marketing?

Bagi Anda yang bekerja di digital marketing, penyedia jasa pembuatan company profile, startup atau mungkin bagian dari tim SEO pasti sudah sering mendengar istilah ini. Penggunaan teknik growth hacking sangat dianjurkan bagi Anda yang baru memulai bisnis atau startup. Lalu, sebenarnya apa itu growth hacking dan bagaimana cara bekerjanya?

Pengertian Growth Hacking

Tidak ada kata “salah” dalam teknik marketing growth hacking. Artinya, seorang growth hacker sah-sah saja menghalalkan berbagai cara demi tercapainya tujuan teknik ini, yakni meningkatkan traffic dan konversi sebuah halaman situs web. Sama seperti seorang hacker yang menghalalkan segala cara untuk bisa mengakses sebuah situs web, bedanya di sini seorang growth hacker harus bisa membuat sebuah produk atau situs web dikenal banyak orang, apapun caranya.

Seorang growth hacker tidak hanya harus bisa berpikir kreatif tapi juga bisa berpikir secara analitis dan statistik. Growth hacker harus bisa membuat produk atau nama sebuah perusahaan jadi dikenal banyak orang dalam waktu singkat, dengan cara sekreatif mungkin atau out of the box. Cara seperti ini biasanya akan lebih cepat viral di kalangan pengguna internet sehingga nama produk atau perusahaan bisa terkenal dengan cepat.


Cara Kerja Growth Hacking

Jika Anda belum aware, ada banyak contoh startup yang tadinya tidak dikenal sama sekali tapi malah menjadi besar karena teknik growth hacking ini. Misalnya platform e-mail yang kita kenal dengan nama Hotmail.com. Hotmail.com ini dulunya adalah startup yang memberikan layanan e-mail gratis dan belum dikenal banyak orang.

Namun, investor pertama Hotmail.com bernama Tim Draper memaksa para founder Hotmail.com untuk menambahkan kata-kata “PS I Love You. Get Free E-mail” di bagian bawah setiap e-mail yang dikirim. Hasilnya? Hotmail.com mampu menambah angka pengguna menjadi satu juta dalam kurun waktu enam bulan. Dan dalam waktu satu tahun, pengguna Hotmail.com berkembang menjadi 10 juta pengguna. Wow banget, kan?

Selain Hotmail.com, ada pula sebuah platform e-commerce khusus kamar sewaan bernama AirBnB yang menerapkan teknik growth hacking dan sukses. AirBnB akan mempublikasikan info hotel pengguna ke Craiglist, sebuah situs iklan baris yang sangat terkenal di Amerika. Teknik ini tentu membuat nama hotel pengguna jadi cepat terkenal dan jelas saja hotel-hotel lainnya jadi mau mendaftarkan diri juga ke AirBnB.


Bagaimana, apakah Anda sudah paham dengan Growth Hacking sendiri? Media yang satu ini bisa dilakukan dalam berbagai cara jika Anda belum mengetahuinya, seperti dengan content viral, SEO, Content Marketing, E-mail Marketing hingga yang terbaru dengan A/B Testing and Analytics.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com