Rabu, 29 Maret 2017

Tips Tokcer Mendesain Poster Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan


Tidak bisa dipungkiri jika poster adalah salah satu media desain grafis yang masih banyak didesain hingga saat ini. Fungsi poster ini juga bukan hanya sekedar untuk promosi tetapi juga untuk seni yang bisa di tonjolkan kepada semua orang.



Seperti cinta, poster yang bagus akan jatuh dari mata dan turun ke hati. Tak heran, poster sangat efektif sebagai sarana informasi, promosi, provokasi hingga memberikan petunjuk, tetapi memberikan sentuhan estetika juga sangat perlu. Baik Anda yang mendesain untuk klien atau untuk kepentingan sendiri, ikuti rangkuman tips yang dilansir dari situs desain grafis Skystar Digital berikut ini untuk menghasilkan desain poster yang lebih baik.

1. Tentukan Fokusnya

Pertama-tama, godok dan putuskan dulu ide yang ingin Anda sampaikan. Jika Anda sudah melakukannya, maka proses mendesain poster sudah hampir terselesaikan. Dalam poster, beberapa informasi pasti lebih penting dari yang lainnya. Buatlah hierarki untuk menentukan prioritas informasi dengan logis. Disinilah kejelian Anda dibutuhkan dalam menentukan informasi yang primer, sekunder, atau tersier, sehingga bisa menjadikan desain poster Anda lebih fokus.


2. Seimbangkan Komposisi

Menyeimbangkan komposisi dan menghasilkan desain yang ideal dan tak jemu untuk dipandang itu butuh skill. Pola pikir yang simetris sangat dibutuhkan dalam hal ini, demi menghindari pemembuat desain poster dengan informasi yang terlalu padat. Jika memungkinkan, pakai saja garis bantu untuk memastikan komposisi visualnya sudah seimbang.

3. Berani Berimprovisasi 

Ada sebuah petuah yang harus kita anut bersama demi mendongkrak kreativitas, yaitu: “you need to know the rules to break the rules!”

Pun dalam mendesain, Anda harus mengetahui sejauh mungkin teknik dan teori dasarnya, baru memberikan sentuhan buah kreativitas Anda sendiri untuk melahirkan karya yang benar-benar unik dan orisinil.

4. Mainkan Font

Font memegang peranan penting dalam desain poster. Font pun juga membantu penyampaian ide atau poster lebih baik, oleh karena itu berhati-hati dalam memilih font sangat perlu. Tiap font memiliki spesifikasinya tersendiri. Biasanya, font tipe sans-serif cocok untuk headline, font yang bold menandakan jika Anda sedang mencari perhatian, dan sebagainya.

Inti dari semua hal yang sudah di paparkan diatas ialah, poster yang bagus haruslah original dan Anda sebagai desainer harus berani bereksplorasi. Jika Anda memiliki konsep yang matang, buatlah poster dengan memaksimalkan potensi Anda agar bisa menarik attention semua orang yang melihatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com