Rabu, 29 Maret 2017

Beda Klien, Beda Harga. Apakah Itu Adil?


Jika berbicara tentang harga yang harus dibayarkan seorang klien kepada desainer, ada banyak sekali perdebatan perihal harga, antara kemampuan klien yang terbatas namun kebutuhannya terlampau tinggi dan layak atau tidaknya jerih payah desainer untuk dihargai.



Sebenarnya, ada banyak sekali pertimbangan dalam kalkulasi penetapan harga. Standar harga pun harus digodok hingga benar-benar matang agar memuaskan klien dan juga desainer. Tetapi, ketika seorang desainer atau jasa desain logo seperti Skystar Digital sudah memiliki harga standarnya sendiri, selalu saja datang godaan ketika mereka kedatangan order dari klien atau perusahaan besar dan ternama.

Pertanyaan yang mendasar, apakah boleh seorang desainer atau sebuah jasa desain membedakan standar harga untuk kliennya? Banyak yang beranggapan klien besar dan berkantong tebal harus diutamakan, tetapi itu bukan alasan yang logis untuk kemudian semata-mata meningkatkan standar harga di hadapan mereka.

Bagi Anda desainer yang selalu mengalami dilema seperti ini, mari pertimbangkan beberapa poin berikut ini sebelum mematok harga kepada klien terkait desain grafis yang akan Anda buat.


Kuantitas Audiens Mereka

Klien Anda memiliki hak untuk memiliki dan memamerkan karya yang sudah Anda buat setelah kewajibannya pada Anda lunas. Nah, kewajiban ini pun bermacam-macam, ada yang hanya memasang karya Anda dalam format atau waktu tertentu atau membeli hak cipta dari Anda seluruhnya.

Hal ini sedikit atau banyak pasti berpengaruh dari seberapa terkenal mereka di hadapan publik. Perusahaan besar yang pergerakannya menarik untuk dipantau banyak pasang mata tentu tidak ingin mengambil resiko untuk menampilkan desain yang setengah-setengah. Disinilah kesempatan Anda untuk unjuk gigi dengan menghasilkan karya digital maupun memberikan inovasi non-digital.

Lihat Lingkup Usahanya

Para klien besar biasanya memiliki koneksi yang luas pula. Ini menjadi salah satu faktor yang harus menjadi pertimbangan Anda ketika memasrahkan ide kreatif Anda pada mereka. Karya Anda pun berpeluang terpampang di beragam media dan diaplikasikan di kesempatan berbeda-beda. Menanggapi hal tersebut, Anda harus benar-benar mempertanggungjawabkan faktor fleksibilitas dalam karya Anda. Misalnya, kriteria mendesain beragam pernak-pernik visual branding, mulai dari kartu nama hingga billboard. Dengan lingkup usaha yang lebih luas dan kehati-hatian yang lebih tinggi dari klien Anda, menaikkan harga sepertinya adalah opsi yang layak Anda perjuangkan.

Sudah Tepatkah Harga yang Anda Ajukan?

Jika klien Anda langsung menyetujui penawaran harga yang Anda ajukan, hal itu bisa berarti harga Anda terlalu rendah. Apabila terjadi negosiasi lebih lanjut namun tidak alot, kemungkinan besar penetapan harga Anda sudah tepat. Di kasus lain, Anda berhak memutuskan untuk tetap bekerjasama atau tidak jika klien Anda sering ‘curhat’ jika dana yang mereka miliki tidak bisa menjangkau standar Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com