Jumat, 24 Maret 2017

3 Desain Kartu Ucapan Yang Tidak Seharusnya Dibuat Desainer


Banyak media yang bisa dikreasikan oleh seorang desainer grafis, salah satunya adalah kartu ucapan. Jika Anda merasa kartu ucapan hanya dibuat asal-asalan, maka Anda salah, karena nyatanya kartu ucapan selalu didesain secara profesional oleh mereka yang ingin terus mengembangkan media ini agar tidak lekang oleh waktu.



Seorang desainer kartu ucapan profesional yang bernama Kate Harper memberikan sedikit pengalamannya melalui website Skystar Digital tentang kartu ucapan yang harus di desain oleh desainer grafis. Menurutnya, desainer memegang peranan penting dalam kartu ucapan dan harus di desain secara benar dan juga terkonsep.

Dalam catatannya ini juga, Kate menyampaian beberapa hal yang 'haram' untuk dicadikan cover sebuah kartu ucapan. Apa saja? simak informasinya berikut ini.

1. Wajah

Ketika melihat foto seseorang yang rupawan, mungkin terbesit dalam pikiran kita untuk menjadikannya sebagai halaman utama kartu ucapan. Namun, hal itu seharusnya tidak Anda lakukan karena masalah akan timbul ketika Anda mencetak foto seseorang yang belum memberikan izinnya pada Anda.

Alasan lainnya mengapa foto wajah tidak seharusnya dicetak pada kartu ucapan adalah calon pembeli kartu ucapan sudah mengetahui akan diberikan kepada siapa kartu ucapan tersebut nanti, jadi Anda tidak perlu repot-repot menambahkan foto seseorang yang tidak akan menerima kartu ucapan tersebut.


2. Model Horizontal 

Sebenarnya, tidak ada yang 100% salah dengan kartu ucapan berorientasi horizontal. Dengan model seperti ini pun kartu ucapan bisa terlihat lebih atraktif dan lebih mudah didesain. Namun, ada norma tak tertulis yang sebaiknya Anda taati. Kartu ucapan horizontal ternyata mampu mengusik toko penjualnya. Mengapa begitu?

Alasannya sederhana. Kartu model horizontal memakan ruang lebih banyak daripada yang model vertikal. Bagi pemilik toko, setiap centimeter luas tokonya bisa mendatangkan uang dan jelas sekali ia akan merugi kalau menjual kartu ucapan bermodel horizontal lebih banyak daripada yang vertikal, padahal - bisa jadi - keuntungan yang didapat sama saja. Maka dari itu, desain kartu ucapan horizontal kurang disarankan.

3. Warna Hitam Putih

Meskipun terkesan vintage dan elegant, tapi nyatanya hitam putih hanya menjadi warna biasa yang tidak begitu menarik jika ditampilkan dalam sebuah kartu ucapan. artu ucapan biasanya dipakai untuk mewakili perasaan yang gembira, ceria, atau berbunga-bunga, oleh karenanya warna yang beragam dan tidak monoton dirasa lebih pantas untuk mewakilinya.

Harus Anda ingat juga, warna hitam dan putih tidak selalu standout di mata calon pembeli pada pandangan pertama, apalagi jika ia ditempatkan di rak bersama puluhan kartu ucapan lain yang lebih berwarna. Daripada desain kartu ucapan Anda tidak laku karena kalah berkompetisi merebut perhatian, lebih baik tuangkanlah warna pada desain kartu ucapan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com