Senin, 20 Maret 2017

Mengulas Bagaimana Peran Desainer Untuk Social Awareness


Selain memperindah banyak aspek, meningtkan brand dalam sebuah gambar dan mempromosikan suatu bisnis, apa lagi kontribusi desainer untuk dunia? Banyak! Salah satunya seperti yang dicantumkan dalam situs desain grafis skystar digital media yang satu ini bisa meningkatkan 'social awareness' pada sesama.



Seiring dengan bertambahnya problematika yang terjadi di lingkungan kita, mulai dari kekerasan fisik hingga pelecehan seksual, semakin banyak orang yang peduli akan hal ini tidak terkecuali para desainer grafis yang menyuarakan empatinya dalam bentuk grafis. Salah satu desainer yang peduli akan hal ini adalah SaintHoax yaitu seorang desainer berbasis di Timur Tengan yang selalu menentang isu-isu sosial melalui karyanya.

Uniknya, SaintHoax selalu melibatkan tokoh dari Disney untuk menjadi 'bintang iklan' dari setiap kampanyenya agar bisa dimaknai oleh semua orang termasuk para remaja. Berikut beberapa proyek SaintHoax yang sudah berhasil ia inisiasi tentang isu sosial.

1. Happy Never After dan Prince Charmless

Maraknya kekerasan dan penganiayaan oleh lawan jenis yang berada di dalam maupun di luar lingkar sosial kita, membuat kita - mau tidak mau - harus selalu waspada. Mengingat pada umumnya perempuan sering menjadi korban, maka SaintHoax memilih "Happy Never After" sebagai titel proyek ini sekaligus menjadi antitesis dari dongeng yang seringkali berakhir bahagia (happily ever after).

Namun, berdasarkan fakta di lapangan, tak sedikit juga kasus yang memposisikan laki-laki sebagai pihak teraniaya. Alhasil, SaintHoax juga meluncurkan proyek serupa dengan sudut pandang berbeda, berjudul Prince Charmless.

Poster berseri yang telah digembor-gemborkan melalui media sosial ini bertujuan agar para korban melaporkan para pelaku, sekaligus bentuk kekerasan yang dialaminya, pada pihak berwajib.



2. Princest Diaries

Ide pembuatan proyek ini bermula saat SaintHoax mendengar bahwa sahabatnya pernah diperkosa oleh ayah kandungnya sendiri saat berumur tujuh tahun. Apalagi setelah ia mengetahui bahwa 46% dari kasus pemerkosaan dilakukan oleh keluarga korban sendiri, maka semakin bulat saja tekadnya untuk membuat poster kampanye anti pelecehan seksual yang mungkin bagi sebagian orang kurang sopan ini.

Sama seperti proyek Happy Never After, lewat proyek ini SaintHoax ingin setiap pelecehan seksual yang dilakukan oleh anggota keluarga, yang seharusnya melindungi dan menyayangi sepenuh hati ini, dilaporkan pada pihak berwajib untuk kemudian diberi hukuman yang setimpal.



3.  The Royal Misfits

Saat SaintHoax mendengar sebuah kabar yang mengejutkan tentang seorang anak berumur lima tahun yang telah didiagnosa mengidap Anoreksia, batinnya bergolak. Bagaimana mungkin anak-anak di zaman sekarang sudah begitu menderita karena membiarkan dirinya kelaparan padahal sebenarnya mereka tidak mengalami masalah ekonomi?

Ya, penyakit yang umumnya menyerang remaja putri karena merasa tubuhnya jauh dari ideal ini telah merajalela karena pola pikir masyarakat yang salah. Stereotip perempuan yang sempurna adalah yang langsing dan cenderung kurus sudah menjadi trauma yang terlalu berlebihan. Karena takut gemuk, penderita Anoreksia rela melakukan apa saja agar bisa kurus, seperti menghindari makan, berolahraga berlebihan, hingga mengonsumsi laksatif untuk mendorong keluarnya sisa makanan. Meskipun sudah terlampau kurus, penderita Anoreksia akut akan terus melakukan hal tersebut sehingga rentan terserang penyakit, bahkan bisa saja meninggal dunia.



Melihat berbagai karya-karya SaintHoax ini sudah sewajarnya kita dan Anda sebagai seorang desainer peduli akan isu-isu sosial yang terjadi saat ini. Tidak harus ikut bergerak dan bersuara di jalanan saja, karena karya-karya seperti ini pun sudah cukup untuk bisa membuka mata setiap orang agar semakin peduli akan beragam permasalahan di lingkungan yang ada saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com