Senin, 27 Maret 2017

Kenali Lebih Dalam Apa Itu 'Kontras' Dalam Desain


Pandangan awam tentang kontras biasanya hanya terbatas pada kontras dalam warna, padahal kontras bisa ditemukan dalam hal lainnya, seperti pada ukuran, bentuk, dan posisi. Mengapa kontras itu penting?



Penjelasannya simpel, karena struktur elemen dalam warna, ukuran, bentuk, dan posisi yang saling kontras, maka pembaca akan menangkap pesan dalam desain dengan lebih mudah. Penggunaan kontras pun juga bisa dipakai sebagai acuan untuk membedakan karya dari desainer grafis amatir dan profesional.

Mari kita simak mengapa kontras adalah hal penting dalam menghadirkan user experience yang lebih menyenangkan dalam sebuah grafis dilansir situs desain grafis, Skystar Digital.


Apa itu Kontras?

Kontras bisa didefinisikan sebagai perbedaan dalam elemen visual yang bisa membuat sebuah objek dapat dibedakan dari objek lainnya dan/atau dari background. Apabila diadaptasi dalam pengertian yang lebih sederhana, kontras adalah elemen yang berbeda dari lainnya.

Kontras bagaikan 'akar' dari semua desain. Itulah mengapa menguasai kontras itu wajib, terutama bagi para web designer. Mengarahkan pembaca pada area tertentu sesuai pada hierarki informasinya serta menyampaikan pada mereka pesan yang mudah dicerna dalam sebuah laman menjadi tugas desainer website yang paling penting.

Contoh kontras yang paling wajar adalah yang saling berlawanan (seperti besar-kecil dan hitam-putih), tetapi pengaplikasian kontras dalam desain tak semudah itu. Desainer tak hanya membandingkan hal-hal yang saling berlawanan, tetapi juga berbeda (misalnya tombol "add to cart" dan "check out").

Kontras Warna

Mari kita mulai pembahasan tentang kontras dari yang paling sering dijadikan contoh. Kalau dua warna berbeda satu sama lain, (sebut saja hitam dan putih), maka mereka mengandung nilai kontras yang tinggi. Di sisi lain, jika dua warna masih identik, (contohnya merah dan oranye), maka mereka memiliki kontras yang rendah. Itulah contoh kontras warna yang sederhana.

Kontras Ukuran

Pengaplikasian kontras lainnya yang paling sering ditemui adalah mengkontraskan ukuran. Objek yang besar jika disejajarkan dengan objek lain yang lebih kecil tentu akan membuat fokus kita lebih tertuju pada objek yang lebih besar. Masih berani menganut pendapat "size doesn't matter"?

Kontras Bentuk

Mengkontraskan objek berdasarkan bentuknya bertumpu pada sensitifitas desainer grafis dalam memanfaatkan stok beragam objek yang tersedia dan memahami kekuatan dan kelemahan tiap objeknya.


Kesimpulan

Kontras, sebagai prinsip vital dalam desain, sebenarnya lebih dari sekedar membedakan gelap dan terang saja. Penggunaannya pun harus bijak. Anda bisa mengeksplor kontras lebih dalam dan menggunakannya untuk membawa derajat desain Anda ke jenjang yang lebih tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com