Senin, 22 Mei 2017

5 Konsep Dasar Web Design Yang Perlu Anda Pahami


Website sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi brand dan perusahaan. Bukan hanya sebagai aksesoris saja, namun website sudah menjelma menjadi jembatan penghubung antara brand dan user, sehingga mudah dikenali dan mempromosikan apa yang kita miliki kehadapan publik.


Membuat dan mendesain website tidaklah susah, namun yang cukup rumit adalah kita harus mengerti konsep dasarnya sebelum melanjutkan ke tahap pembuatan yang lebih serius. Apa sih konsep-konsep dasar pembuatan website itu? Mungkin ada diantara Anda terlebih yang menyediakan jasa company profile yang masih belum jelas tentang konsep dasar pembuatan website. Belum lagi, konsep-konsep tersebut beragam menurut tiap individual. Berikut adalah penjelasannya terkait konsep dasar dari web design.

1. DAPAT DIGUNAKAN (USABILITY)

Pernah gak masuk ke sebuah website terus bingung mau ngapain? Nah, hal tersebut adalah user experience dari web usability.Usability adalah sebagai suatu pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi atau situs web sampai pengguna dapat mengoperasikannya dengan mudah dan cepat. Memperhatikan usability sangatlah penting agar sebuah situs dapat bertahan. Situs yang memiliki usability tinggi memiliki peluang yang sangat besar untuk sering dikunjungi oleh para pengguna internet.

2. NAVIGASI (NAVIGATION)

Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user dapat menuju ke halaman-halaman lain dalam website kamu. Sebuah web yang akan di bangun harus memiliki konsep, yaitu garis besar navigasi dari sebuah website yang akan dibuat. Nama Menu navigasi harus jelas dan singkat dan harus mampu memberikan petunjuk yang jelas dan singkat. Nama menu mewakili isi konten. Gunakan istilah-istilah yang umum, singkat, dan mudah dipahami seperti Home, About Us, Services, Products, News, Articles, Contact Us.


3. Grafik

Grafik atau image merupakan elemen yang dapat membantu menjelaskan informasi agar pengunjung dapat memahami tujuan/bidang fokus website anda. Grafik/gambar dalam sebuah website dapat memberikan efek visual yang luar biasa terhadap website, tapi bisa menambah waktu koneksi karena banyaknya gambar yang ditampilkan. Jadi, Tambahkan grafik seperlunya karena bisa menambah waktu ketika pengguna mendownload artikel yang diinginkan.

4. Kesedehanaan

Ada yang sudah tau apa itu flat design? Flat design adalah gambar yang didesain ala kadarnya. Didalam flat design sudah tidak menggunakan lagi efek-efek 3 dimensi, bevel, emboss, shadow, dan efek-efek gradasi lainnya. Gambar dibuat sesimple mungkin tanpa adanya efek-efek lain karena yang diutamakan di dalam flat design adalah typography. Contohnya Google, baru-baru ini logo baru Google yang telah berubah total desainnya. Logo baru Google tampil sangat sederhana tanpa menggunakan efek-efek gradasi lagi seperti bevel dan emboss. Logo baru Google sudah menggunakan desain flat sehingga tampilannya sangat simple dan jika diload sangat ringan.

5. Konsep Penulisan

Website harus mudah dibaca dan dikunjungi. Tidak semua yang ditulis akan dibaca oleh pengunjung dan tidak semua pengunjung akan membaca semuanya. Pada kenyataannya pengunjung hanya membaca sesuatu yang menarik untuk mereka. Kesederhanaan merupakan hal penting dalam men-design web agar kelihatan profesional. Sederhana bukan dalam arti tampilan website kamu, namun lebih mengarah ke teknik penulisan.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com