Selasa, 09 Mei 2017

Tetap Produktif Saat Libur? Mengapa Tidak? Inilah Empat Solusinya!


Musim libur memang menjadi momentum yang menggembirakan. Ketika libur berlangsung, setiap orang “bebas” dari semua aktivitas dan tuntutan rutinitas harian. Pada saat inilah banyak orang yang bersantai dengan memanfaatkan waktu liburan bersama orang terkasih maupun jalan-jalan sendiri tanpa memikirkan pekerjaan.



Sayangnya, pada beberapa kondisi, hal ini tidak berlaku bagi para freelancer, pekerja yang berkutat dalam jasa web profile, maupun mereka yang memiliki target terkait bisnis yang dijalankan. Bisa jadi, ketika musim libur tiba, Anda justru disesaki dengan rapatnya deadline yang harus segera diselesaikan; bertemu dengan penawaran klien yang sukar ditolak; hingga kebutuhan akan biaya mendesak.

Lantas, bagaimana cara agar tetap produktif di musim libur? Berikut adalah empat solusinya!


Buatlah Rencana dan Target

Tetapkan seluruhnya, namun ingatlah untuk selalu berpikir realistis. Hindari memasukkan daftar kegiatan yang kira-kira tidak mampu Anda kerjakan. Bukan hanya tidak menyelesaikan masalah, hal ini juga berisiko meningkatkan stres dan membuat Anda kelelahan.

Sebagai gantinya, tentukan target yang dianggap paling mendesak. Prioritaskan hal itu, dan tundalah pekerjaan lain yang sekiranya belum mendekati masa tenggat. Kelompokkan pekerjaan berdasarkan skala prioritas, dan targetkan waktu selesai. Misalnya: untuk sepuluh artikel, Anda bisa menyelesaikannya dalam waktu dua hari; dsb. Target sendiri berguna untuk memastikan Anda benar-benar fokus, hingga pekerjaan selesai.

Cerahkan Suasana Hati

Tak bisa diingkari, banyak orang mengeluh lantaran harus menyelesaikan pekerjaan di musim libur. Sayangnya, hanya mengeluh, tak bisa menyelesaikan masalah. Sebaliknya, suasana hati yang buruk hanya akan membuat Anda enggan menyelesaikan pekerjaan, bahkan cenderung menundanya.

Tingkatkan atmosfer kerja dengan membangun suasana hati yang positif. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari mendengarkan musik, bangun pagi, menonton film ceria, berbelanja, memasak, hingga berjalan-jalan singkat.

Don't Forget to be Happy

Hari libur adalah waktunya berbahagia. Entah itu melakukan hal-hal yang Anda suka, menyantap makanan favorit, bepergian ke tempat wisata, atau justru sekadar di rumah melakukan “me time”. Meski harus menyelesaikan pekerjaan, jangan lupakan kesejahteraan mental diri Anda sendiri. Karena bertema “hari libur”, Anda tentu saja boleh memanjakan diri dengan apa pun yang Anda sukai.

Pastikan Anda mampu memulai dan menyelesaikan pekerjaan dengan efektif. Intinya, jangan sampai, hanya karena merasa harus memenuhi sejumlah target pekerjaan (yang tidak masuk akal), Anda menjadi kurang tidur, stres, bahkan terlambat makan. Selain bisa membahayakan kesehatan fisik maupun mental, hal tersebut tentu saja bisa menghambat produktivitas Anda dalam jangka panjang.

Be Creative

Anda mungkin saja merasa muak ketika harus bekerja selama beberapa hari, meski itu adalah musim libur. Ketimbang mengeluh dan bersungut-sungut, ada baiknya untuk mengubah “cara” Anda mengerjakan tugas dengan lebih kreatif. Misalnya, sembari membawa laptop, Anda bisa mengerjakan deadline sekaligus berlibur di pinggir dermaga, di bangku taman kota, atau sambil berpiknik di tengah hutan pinus.

Sebelum memulai kerja, Anda bahkan bisa jadi lebih kreatif dengan melakukan hal-hal yang belum pernah dicoba, seperti mewarnai rambut, mencoba kedai baru di ujung jalan, mengenakan setelan baju model terkini, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com