Rabu, 03 Mei 2017

Mengenal Desain Grafis untuk Sebuah Perubahan


Dunia desain grafis telah berkembang demikian pesat seiring kemajuan peradaban manusia itu sendiri. Dari mulai menggambar pesan di atas media dinding gua (hieroglif) berlanjut di atas kulit, kertas lontar, bangunan (arsitektur) seperti sebuah candi, hingga sekarang dalam media digital.



Inti dari semua yang sudah kita lihat dalam hal desain grafis adalah satu hal yaitu menyampaikan pesan atau apapun itu yang bisa dijabarkan dalam visual kepada orang lain. Bukan hanya untuk branding atau promosi saja, namun lain dari pada itu, desain grafis pun hadir menyemarakan perubahan jaman khususnya di era digital saat ini.

Jaman semakin canggih dan perubahan itu sendiri sudah kita rasakan. Desain grafis memegang penting peranan ini dimana desain grafis menjadi awal atau bisa dibilang konsep dasar sebelum perubahan itu dijalankan. Mari kita ambil contoh pembangunan sebuah gedung, jika tanpa sketsa dan desain grafis, tidak mungkin bangunan tersebut bisa berdiri. Intinya, apapun yang akan dibangun dan dibuat dalam bentuk fisik, selalu menyertakan desain grafis sebagai faktor pendukungnya.

Desain grafis menggunakan media visual untuk menyampaikan suatu pesan. Dari mulai dunia komersil seperti brand identity dan advertising, sampai dengan kampanye presiden hingga propaganda perang. Mungkin inilah sebabnya mengapa salah seorang kontributor di desainstudio percaya jika dunia desain grafis berperan merubah dunia

Masih meragukan desain grafis sebagai sesuatu yang merubah dunia? berikut kami hadirkan beberapa situs yang menggunakan desain grafis sebagai media menyampaikan pesan menghimbau dan mengajak kita untuk bergerak dalam menjalani perubahan tidak terkecuali untuk menjaga lingkungan.

Greenpeace

Greenpeace telah lama menjadi sebuah organisasi nirlaba yang mengkampanyekan penyelematan lingkungan. Mereka kerap mengadakan lomba-lomba desain poster untuk tujuan tersebut. Tujuan dari website ini tentu saja untuk menyampaikan sebuah tampilan visual agar bisa mewakili pesan perubahan kepada semua orang.



FuturArc

Arsitektur telah menjadi media yang sangat powerfull dalam mengkomunikasikan pesan dalam wujud nyata. Sebagai contoh, pada tahun 2011 lalu, sebuah situs yang bernama futurarc mengadakan kontes desain bertema Green Issue bagi para perancang bangunan atau landscape bertema lingkungan hidup. Tebak siapa pemenang pertamanya? They come from Indonesia!



Zodshopdesign

Zodshopdesign, merupakan situs yang khusus mendesain segala bentuk print design mulai dari brosur, leaflet, logo hingga kemasan produk dengan tema lingkungan. Daripada bersaing di tengah komersialisme desain, mereka berani memposisikan diri dengan tag line Environmentally sensitive design.


Nah, itulah beberapa contoh website yang mengkampanyekan perubahan dengan membawa unsur desain grafis sebagai salah satu hal yang ditonjolkan. Sangat disayangkan jika desain grafis, dengan segala potensinya untuk menghimbau khalayak ramai digunakan hanya sebatas alat untuk menunjang materi dan pemenuhan kebutuhan hidup, karena seperti yang dilansir situs jasa web profile, desain grafis lebih dari sebuah hal komersial yang justru bisa digunakan untuk merubah dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com