Kamis, 25 Mei 2017

Perhatikan Elemen-Elemen Ini Jika Anda Akan Mendesain Website


Disadari atau tidak, tampilan situs web adalah perjumpaan pertama antara pembaca dengan kita. Semakin baik kesan yang didapat, maka konten  kita akan memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk sampai kepada pembaca. Begitu juga dengan produk atau jasa yang sedang kita jual. Bukan itu saja, tampilan situs web juga berpengaruh terhadap SEO. Semakin SEO friendly tampilan situs web kita, maka semakin tinggilah peringkat yang akan kita dapat.



Desain web, sama seperti fesyen, selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Ada trend yang sama sekali baru, ada pula yang merupakan pengulangan dari trend beberapa tahun ke belakang. Tanpa kita sadari, trend ini juga menjadi sebuah hal yang penting dalam meningkatkan kepopuleran website dan mampu bersaing dengan website lainnya.

Meskipun trend website kadang berubah, namun elemen di dalam pembuatan website itu tidaklah banyak yang berubah. Elemen desain web yang dimaksud bukan hanya website yang enak dipandang saja, namun keseluruhan elemen yang mempengaruhi bagus tidaknya website tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut kami informasikan beberapa elemen penting dalam desain website.


Elemen #1: Layout

Layout sebuah situs web hendaklah mempertimbangkan letak penyusunan elemen-elemen desain yang memudahkan pembaca untuk mencerna aliran informasi. Perhatikan hierarki dan keseimbangan layout secara keseluruhan. Susunan paling umum adalah atas-bawah-kiri-kanan.

Elemen #2: White Space

White space berguna untuk membantu mata manusia mengorganisasi data. Bagi Anda yang belum begitu familiar dengan istilah desain, white space bisa diartikan sebagai ruang kosong yang memisahkan antara satu elemen dengan elemen lainnya. Situs web adalah sebuah ruang berisi berbagai informasi, agar informasi itu dapat diolah dengan baik oleh mata pembaca, maka ruang kosong berfungsi sebagai jeda.

Elemen #3: Pilihan Warna

Situs web bukan kanvas berisi lukisan abstrak, kita sedang menyampaikan informasi kepada pembaca, bukan sedang mendistraksi mata mereka. Yang terpenting dari situs web adalah konten, jangan sampai warna latar yang Anda gunakan lebih ramai dari konten itu sendiri.

Warna juga memengaruhi psikologi pembaca, menciptakan mood, bahkan menyelusup ke alam bawah sadar. Warna, bisa menyampaikan simbol dirinya sendirinya bahkan tanpa disertai oleh teks. Itu sebabnya mengapa pemilihan warna merupakan salah satu elemen penting dari desain sebuah web.

Elemen #4: Tombol “Search”

Tidak ada yang lebih menyebalkan selain ketika berkunjung ke sebuah situs web dan tidak menemukan tombol search. Kita tidak akan pernah tahu apa yang ingin ditemukan oleh pembaca ketika datang ke situs web kita. Navigasi, kategori, dan label adalah opsi yang kita berikan, sedangkan tombol search adalah kebebasan. Pembaca tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencari dari satu kategori ke kategori lain atau dari satu konten ke konten lain.

Elemen #5: Laman “About Me/Us”

Jika Anda bukan perusahaan besar, tidak memiliki jenis bisnis yang spesifik, bergerak di bidang bisnis yang sama sekali baru, atau bukan pemilik situs web yang sangat terkenal, laman “About Me/Us” memiliki beberapa fungsi:

1. Memperkenalkan diri/perusahaan Anda.
2. Memperkenalkan jasa/produk yang Anda miliki.
3. Menjelaskan secara spesifik bidang yang Anda geluti.
4. Membangun engagement dengan pembaca. Percaya atau tidak, pembaca lebih suka membaca tulisan dari seseorang yang dia “kenal” daripada dari penulis misterius.
5. Jika Anda adalah blogger, laman “About Me” akan memudahkan calon klien menemukan informasi tentang siapa Anda.

Elemen #6: Navigasi

Dilansir situs jasa web profile, navigasi ibarat denah atau petunjuk jalan yang memudahkan pembaca untuk mencari kategori konten atau produk apa pun yang mereka inginkan. Letakkan navigasi di tempat yang mudah ditemukan, juga pilih bentuk navigasi yang mudah digunakan agar pembaca betah berlama-lama di situs Anda.

Itulah beberapa elemen yang tidak boleh dilupakan dalam sebuah web desain. Jika Anda memang sedang menginginkan desain website yang sempurna, jangan lupa untuk memasukan unsur diatas kedalam website Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com