Senin, 22 Mei 2017

Ayo Buat Blogging Semakin Sukses Dengan Target Audience


Blogging sudah menjadi bagian dari lifestyle saat ini. Bukan hanya sebagai tempat menuangkan ide, namun blog juga sudah menjadi media dalam meningkatkan bisnis dan branding yang kita miliki saat ini.




Ada banyak cara dalam mencapai kesuksesan dengan blogging, salah satunya adalah dengan menetapkan target audience. Langkah ini adalah salah satu faktor pendukung kesuksesan kamu saat berblogging. Target audience sendiri merupakan orang-orang yang nantinya akan mengunjungi halaman blog kamu. Dengan demikian maka dalam menulis konten pada blog kamu bisa memilih konten yang paling relevan untuk mereka, tentunya dengan penyampaian melalui gaya bahasa yang bisa dengan mudah dipahami.

Berikut ini merupakan 4 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan target audience yang tepat.

Membangun Fondasi

Sebelum mengisi konten pada halaman blog, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membangun fondasi yang kuat. Hal tersebut bertujuan agar sebagai pemilik blog kamu bisa berinteraksi dengan audience. Dalam membangun fondasi tersebut kamu bisa memulainya dengan memikirkan ragam orang yang akan menjadi target audiencemu, seperti usia, gender, suku, latar budaya, pendidikan, agama, serta status sosialnya. Jika kamu telah mempersiapkannya, konten blog yang kamu buat bisa disesuaikan dengan target audiencemu, seperti gaya bahasa, istilah-istilah yang digunakan, hingga panggilan akrab yang mungkin saja kamu ciptakan untuk pembaca setia blogmu.

Tentukan Segmentasi Geografisnya

Jika blog yang kamu buat ditujukan untuk pembaca yang ada di Indonesia saja, maka kamu bisa menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar konten dalam blogmu. Sebaliknya, jika kamu membuat blog yang bisa diakses oleh seluruh penduduk dunia, sebaiknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Tidak hanya terbatas dalam segi bahasa saja, dalam segmentasi geografis pun kamu harus menentukan pembagian audience berdasarkan wilayah kota, propinsi, desa, dan lainnya.


Perhatikan Psikografis Audience

Setelah menentukan segmentasi geografis dari target audience yang akan dituju, dilansir situs jasa company profile, langkah selanjutnya adalah sekarang kamu pun harus memperhatikan sisi psikografis dari audience tersebut. Artinya, kamu juga harus bisa mengidentifikasi hal-hal yang yang berkaitan dengan kepribadian, nilai-nilai dalam hidupnya, sikap, minat, dan juga gaya hidup target audiencemu. Memperhatikan psikografis audience dapat membuat kamu memahami dengan lebih baik konten seperti apa yang dibutuhkan oleh mereka. Sayangnya, tidak ada standarisasi yang jelas tentang dasar psikografis sehingga kamu perlu mempertimbangkan dengan baik tiap target audiencemu.

Memilih Strategi Yang Sesuai

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah memilih strategi yang sesuai untuk target audience yang akan dituju. Pelajari juga masing-masing kelebihan serta kekurangan yang ada dalam strategi yang akan kamu ambil sehingga benar-benar bisa disesuaikan dengan target audiencemu. Ketika strategi yang dipilih sudah sesuai, tidak menutup kemungkinan jika traffic blogmu akan meningkat. Tetaplah membuka diri untuk menerima kiritik dan saran dari para pengunjung sehingga kamu bisa melakukan perbaikan apabila ada hal yang dianggap mengganggu atau membuat pengunjung blogmu menjadi kurang nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

untuk slide

untuk slide
foto

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Skystar Digital - All About Desain Grafis | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com